Khasiat Buah-Buah yang Disebut Al-Qur’an

0
616
ilustrasi buah

Terdapat beberapa buah yang di sebutkan dalam Al-Qur’an, yaitu kurma (Al-Qur’an 6:141); zaitun (Al-Qur’an 16:11); anggur (Al-Qur’an 2:266); pisang (Al-Qur’an 56:29); buah tin (Al-Qur’an 95:1); dan buah delima (Al-Qur’an 55:68).

Umat Islam tentu meyakini penyebutan tersebut memiliki hikmah dari sisi agama, namun tulisan ini tidak hendak membahasnya dari sudut pandang ilmu tafsir. Ulasan yang akan dipaparkan di sini adalah mengenai faidah dari sudut pandang ilmu kesehatan.

Kurma

Kurma adalah buah kaya nutrisi yang mengandung Kalsium, Lemak, Serat, Thiamin, Zinc, Zat Besi dan Glukosa. Semua zat-zat tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia, dengan perannya masih-masing dalam proses metabolisme.

Manusia membutuhkan Kalsium untuk pertumbuhan tulang. Sedangkan Lemak dan Glukosa berperan sebagai sumber energi tubuh. Serat membantu proses pencernaan dan mencegah terjadinya kanker kolon. Thiamin membantu kinerja jaringan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) dan memaksimalkan fungsi otak. Zat besi membantu produksi sel darah merah. Adapun Zinc berperan membantu sistem kekebalan tubuh sekaligus sebagai antioksidan.

Zaitun

Buah yang dimanfaatkan minyaknya ini mengandung vitamin E, Polifenol, Potasium, Zat Besi, Kalsium, LDL dan Squalene.

Menurut penelitian, Potasium berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan membantu mengeluarkan sodium dari tubuh. Polifenol adalah zat anti oksidan, yang mencegah terjadinya kanker, Sedangkan LDL dan vitamin E masing-masing berfungsi menurunkan kolestrol dan membentuk elastisitas kulit.

Anggur

Anggur adalah buah lezat yang kaya Fenol, Melatonin dan Resveratrol. Peran Fenol bagi tubuh adalah sebagai anti oksidan, yang mencegah kanker. Untuk Resveratrol, ilmuwan mengatakan zat ini berperan menurunkan resiko jantung koroner. Terakhir, Melatonin adalah hormone yang mengatur fungsi biologis tidur, sehingga meningkatkan kualitas tidur dan mencegah resiko insomnia.

Pisang

Pemilik nama latin Musa paradisiaca ini adalah si kuning yang mengandung vitamin C, A dan B6, yang saling berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga terdapat Kalium, Asam Folat dengan fungsi masing-masing sebagai pengatur keseimbangan cairan dan membantu perkembangan otak janin,

Tin

Satu-satunya buah yang disebut di ayat pertama ini, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat Tin mengandung vitamin A, C, Kalsium, Potassium, Magnessium, Serat dan Benzaldehyde. Khusus tentang Benzaldehyde, menurut sebuah jurnal yang dimuat di situs Cancer Cure Foundation , berperan sebagai penghambat tumor.

Delima

Delima mengandung Tanin dan Kalium. Berdasarkan sebuah kajian diketahui bahwa delima berkhasiat mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Sedangkan Kalium dalam buah delima dipercaya mampu mencegah penyakit asam urat

Pen: Riyan, Mahasiswa STIKES MADANI/Ed: Ariza

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here