Tips Aman Berselancar di Internet

0
176
ilustrasi

Saat ini hampir setiap orang tidak bisa lepas untuk tidak menggunakan internet. Disamping merupakan kemajuan bagi pengguna mencari informasi lebih, namun ada ancaman yang berbahaya jika kita tidak hati-hati, berikut kami sampaikan beberapa tips supaya aman ketika berselancar di internet:

  1. Pastikan ketika mengunjungi alamat situs, situs tersebut bukan situs phising[1] atau benar-benar merupakan situs yang akan dikunjungi. Tips ini sangat penting ketika ingin bertransaksi menggunakan internet, jangan sampai akun kita dicuri hanya karena kelalaian kita atau ketidak tahuan kita akan jebakan website yang dibuat mirip.
  2. Menaruh curiga terhadap pop up[2] atau halaman website yang tiba-tiba muncul, apalagi disuruh untuk memasukkan id atau apapun yang berkaitan dengan kepentingan akun kita. Di samping itu pop up yang menyuruh download juga wajib diwaspadai karena biasanya terdapat virus yang disisipkan dalam file.
  3. Gunakan browser yang up to date, hal ini bisa untuk mencegah dari kelalaian kita kalau kita tidak sengaja mengunjungi situs yang di dalamnya ada malware[3].

Hal di atas merupakan dasar bagaimana menggunakan internet yang aman, bagaimana cara yang aman untuk bertransaksi di internet? Berikut tips-tipsnya :

  1. Jangan pernah bertransaksi misal menggunakan internet banking dengan wifi umum, kita wajib berhati-hati juga dengan wifi yang ada, bisa jadi dipasang software untuk memantau aktifitas kita dan berujung ke pencurian akun.
  2. Periksa dengan baik alamat website, biasanya website yang memang didesain untuk transaksi ada securitynya yang ditandai minimal menggunakan https contoh https://www.paypal.com/.
  3. Selesai bertransaksi jangan lupa logout dan bisa juga ditambah dengan clear cache dan atau cookies pada browser Anda.

Demikian beberapa tips dasar menggunakan internet supaya akun kita aman dari pencurian ataupun penyebaran virus yang tidak kita kehendaki.

Pen: Tri/Ed: Ariza

—————————

[1] Phising : sebuah bentuk kejahatan internet untuk memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email atau situs yang dibuat mirip dengan aslinya. (http://searchsecurity.techtarget.com/definition/phishing)

[2] Pop up : sebuah tampilan atau jendela form yang biasanya muncul tiba-tiba ketika mengunjungi halaman web ataupun karena interaksi klik mouse. Pop up ini banyak jenisnya diantaranya iklan dan atau iklan yang menjebak. (http://whatis.techtarget.com/definition/pop-up-ad)

[3] Malware : sebuah software atau kode (script) yang diciptakan untuk tujuan jahat (merugikan orang lain). Malware dapat mengubah data (menghapus, menyembunyikan, dan mencuri), menghabiskan bandwith dan juga sumber daya lain tanpa seijin pemilik komputer. (ti-fapet.blog.ugm.ac.id/2013/10/22/beda-virus-worm-trojan-adware-spyware-dan-malware/; http://searchsecurity.techtarget.com/definition/Malware-Glossary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here