Perusahaan Telekomunikasi Jepang Sukses Menguji Jaringan 5G

0
558
Ilustrasi 5G
Ilustrasi 5G

TOKYO (fokusislam) – Perusahaan operator telekomunikasi seluler di Jepang, NTT DoCoMo, pada Kamis (26/11) waktu setempat mengumumkan bahwa uji coba jaringan 5G sukses dilakukan. Uji coba yang dilakukan bersama Nokia Networks  berhasil mencapai kecepatan data lebih dari 2Gbps. DoCoMo menguji jaringan 5G itu di kawasan padat Roppongi Hills, Tokyo. Uji coba tersebut menggunakan sinyal milimeter-wavelength di 70 GHz, salah satu kunci pengembangan dalam rangka mewujudkan jaringan 5G secara nyata.

Sebelumnya belum ada uji coba yang mencapai kecepatan 5G di kawasan komersial seperti pusat perbelanjaan. Namun, uji coba terakhir berhasil dilakukan berkat penggunaan dua teknologi baru: beam-forming, yang berfokus pada gelombang radio di arah tertentu, dan beam-tracking untuk mengendalikan arah berdasarkan lokasi perangkat mobile.

Selain itu di tempat yang terpisah, uji coba juga dilakukan DoCoMo di kota Suwon, Korea Selatan. Uji coba yang bekerja sama dengan Samsung Electronics itu berhasil mencapai kecepatan lebih dari 2,5Gbps, dalam keadaan berkendara pada kecepatan 60 km/jam. Uji coba tersebut menggunakan sinyal frekuensi tinggi 28 Ghz dipadu dengan teknologi beam-forming dan beam-tracking.

Tidak hanya dengan Nokia Networks dan Samsung, DoCoMo juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan telekomunikasi lain seperti Ericksson, Fujitsu, dan Huawei Technologies.

Sejak Mei 2014 DoCoMo telah bekerja sama dengan sejumlah vendor terkemuka di dunia, untuk menguji coba dan pengembangan teknologi jaringan 5G. Kedepannya DoCoMo akan terus meneliti dan mengembangan teknologi jaringan tercanggih ini. Hal itu bertujuan untuk komersialisasi jaringan 5G pada 2020 mendatang, demikian lansir nntdocomo.

Reporter: Arief Abdurrahman H
Redaktur: Budi Marta

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here