Kedubes Arab Saudi di Iran Dibakar, Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

0
216
Kedubes Arab Saudi dibakar massa pengunjuk rasa
Kedubes Arab Saudi dibakar massa pengunjuk rasa

TEHERAN (fokusislam) – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengumumkan bahwa Arab Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran pada Ahad (03/01) malam. hal itu dilakukan setelah demonstran Iran menyerbu kedutaan besar Arab Saudi di Teheran dan membakarnya.

Para pengunjuk rasa berdemo di kantor kedutaan Saudi di ibu kota Iran tersebut untuk memprotes pelaksanaan hukuman mati terhadap ulama Syiah Nimr al-Nimr, Sabtu (2/1/2016), yang mendapat tuduhan sebagai pelaku tindakan ekstremisme radikalisme.

Dalam keterangan pers, Adel al-Jubeir mengatakan pemerintahnya tidak akan membiarkan Iran “mengganggu keamanan dalam negeri” Saudi.

“Iran telah membagikan senjata dan menanam sel-sel teroris di kawasan, termasuk di Saudi. Ada intervensi dan agresi negatif terhadap masalah-masalah Arab yang diikuti dengan kematian dan kerusakan,” kata Adel al-Jubeir yang dikutip dari BBC, Senin (4/1/2016).

Selain membekukan hubungan diplomatik dengan Teheran, Menlu Adel al-Jubeir juga memerintahkan semua diplomat Iran untuk meninggalkan Saudi dalam 48 jam.

Red : Aziz Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here