Mengenal Masjid Qulsharif, Masjid Cantik di Negeri Beruang Merah

0
871
Qulsharif
Qulsharif

KAZAN (fokusislam) – Masjid Qulsharif, bisa juga disebut Qolşärif, Qol Sharif, Kul Sharif, Qol Sherif merupakan salah satu masjid yang terindah di dunia. Masjid ini terletak pusat kota Kazan, ibukota Republik Tatarstan, bagian dari Federasi Rusia.

Masjid ini merupakan salah satu masjid indah dunia yang fotonya bertebaran di dunia maya. Arsitekturnya yang begitu indah menjadikannya sebagai salah satu objek foto favorit. Masjid ini juga menyandang predikat sebagai salah satu masjid terbesar di Russia dan wilayah Eropa timur.Qalsharif2

Masjid ini sudah melegenda sejak empat abad yang lalu ketika empirium Islam Kazan Khanate berada dalam masa ke emasannya. Menara-menara masjid Qulsharif sudah menghiasi langit ibukota Kazan Khanate dan memukai siapa saja karena keagungan dan keindahan nya.

Sejarah singkat

Nama Qulsharif yang tersemat pada masjid ini, mengacu pada nama pemimpin dan ulama terkemuka di Kazan Khanate dan merupakan imam terahir Masjid Qulsharif, Seid Kul Sharif sebelum dihancurkan oleh pasukan Tsar Russi.

Catatan sejarah menunjukkan bahwa masjid Qolsharif dibangun di Kazan Kremlin pada abad ke 16 sampai kemudian diluluhlantakkan oleh pasukan Ivan The Terrible pada tahun 1552. Ivan the Terrible atau Ivan Chetvyorty, adalah Tsar Rusia modern pertama. Pada penyerbuan itu Ivan juga membumi hanguskan bangunan bangunan islam di wilayah Kazan.

Qalsharif1

Untuk mengenang sang ulama dan pahlawan Kazan ini, Presiden Tatarstan, Mintimer Shaymiev, Tahun 1995 mengeluarkan perintah untuk membangun kembali masjid Qolsharif. Pada 21 Februari 1996 proses pembangunan kembali pun dimulai. Komplek bangunan masjid tersebut terdiri dari bangunan masjidnya sendiri, lalu dilengkapi dengan perpustakaan, pusat penerbitan dan kantor pengurus masjid.

Masjid Qulsharif dibuka kembali pada 24 Juli 2005 menandai perayaan 1000 tahun Kazan yang dihadiri oleh ribuan jemaah yang berkumpul disana untuk melakukan sholat jum’at berjamaah. Bagian dalam masjid mampu menampung 1500 jamaah sementara alun alun masjid mampu menampung sepuluh ribu jamaah sekaligus.

Peresmian tersebut dihadiri oleh ribuan warga Muslim Tatarstan. Beberapa perwakilan negara Muslim, seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, yang ikut menyumbang dalam pembangunan Masjid Qulsharif, hadir dalam acara peresmian tersebut.

Pimpinan Dewan Muslim Tatarstan, Iskhakov Gusman Gumerovich (mufti yang juga pimpinan Russian Islamic University), menyatakan, pembangunan masjid dan revitalisasi masjid-masjid mati di Tatarstan adalah penanda semangat Islam telah lahir kembali di negaranya. Pembangunan kembali masjid tak hanya dilakukan di Kazan, tetapi juga di 29 wilayah lainnya di negara itu. Umumnya, masjid-masjid mati atau yang telah berubah fungsi, dikembalikan lagi sebagai pusat ibadah kaum Muslim.

Semoga dengan semakin banyaknya masjid dan semakin cantik bangunannya, semakin banyak dan semakin berkualitas pula keimanan kaum muslimin di seluruh dunia.

Source : bujangmasjid/ROL/wikipedia
Red      : Aziz Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here