Gerhana Matahari 9 Maret 2016, MUI Himbau Umat Islam Untuk Shalat Gerhana

0
240
ilustrasi gerhana matahari
ilustrasi gerhana matahari

PADANG (fokusislam) – Gerhana matahari akan terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia pada 9 Maret mendatang. Atas fenomena yang akan terjadi itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau agar umat Islam bisa ikut melaksanakan shalat gerhana matahari.

Pernyataan ini disampaikan oleh perwakilan MUI di Sumatera Barat. Shalat tetap dianjurkan untuk dilakukan meskipun hanya gerhana matahari sebagian.

“Walaupun Kota Padang hanya dapat menikmati gerhana matahari sebagian, namun tetap dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana,” kata Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan tata cara pelaksanaan shalat gerhana matahari sama halnya dengan pelaksanaan salat sunnah lainnya dengan dua rakaat, namun dianjurkan secara berjamaah, demikian seperti dikutip dari antaranews, Rabu (2/3/2016).

Samad juga menyebut bahwa shalat tersebut dilaksanakan sebagai salah satu cara mensyukuri nikmat khususnya fenomena alam gerhana matahari yang sangat langka terjadi. Menurutnya, untuk di Kota Padang nantinya akan ada imbauan kepada masyarakat di setiap masjid dan mushala untuk pelaksanaan shalat gerhana tersebut.

Red : Aziz Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here