Australia Halau Imigran ke Perairan Indonesia, UNHCR : Kebijakan Australia Itu Tidak Bisa Diterima

0
94
ilustrasi imigran menuju Australia
ilustrasi imigran menuju Australia

NEW YORK (fokusislam) – Sejak tahun 2013, pemerintah Australia menutup perbatasannya dan menolak memberikan izin masuk bagi para imigran ilegal. Australia juga mulai memberlakukan aksi penghalauan dan penarikan kapal menuju perairan Indonesia.

Kebijakan Australia ini dikritisi oleh Badan Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa, UNHCR. Menurut UNHCR, kebijakan Australia dalam menghalau perahu-perahu yang mengangkut para migran ke perairan Indonesia tidak bisa diterima.

Asisten Komisioner Tinggi untuk Pengungsi, Volker Turk, menegaskan para migran tersebut seharusnya diproses di Australia.

“Menurut kami, jika Australia dihadapkan pada sebuah perahu yang mereka bisa kendalikan, sudah jelas lebih baik orang-orang di dalam perahu diproses di dalam lingkup hukum Australia,” kata Turk yang dikutip dari BBC, Kamis (24/3/2016).

Seperti diketahui, selama bertahun-tahun, para pencari suaka asal Afghanistan, Sri Lanka, Irak, Iran dan Myanmar berupaya mencapai Australia dengan menggunakan perahu dari Indonesia. Mereka kerap membayar uang dalam jumlah besar kepada penyelundup manusia. Tak jarang migran yang meninggal dunia di tengah laut. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here