Selain Langgar perairan Indonesia, China Juga Berulang Kali Langgar Perairan Malaysia

0
109
ilustrasi kapal china
ilustrasi kapal china

KUALA LUMPUR (fokusislam) – Selain melanggar perairan Indonesia, China juga terdeteksi berkali-kali melakukan pelanggaran terhadap perairan negeri jiran, Malaysia. Kantor Berita dan Badan Keamanan Laut Malaysia menyebut bahwa ada sekitar 100 buah kapal pencari ikan dari China yang berada di Laut China Selatan yang disengketakan.

Menteri Keamanan Nasional Malaysia Shahidan Kassim menyatakan bahwa beberapa wahana milik Badan Penegakan Hukum Kemaritiman Malaysia dan angkatan laut dikirimkan ke dekat wilayah Luconia Shoals untuk memantau situasi, lapor Bernama.

Shahidan tidak menyebutkan secara khusus tipe kapal-kapal China yang terdeteksi, namun petugas Badan Penegakan Hukum Kemaritiman menyatakan mereka sedang mencari ikan dengan pengawalan dua unit kapal keamanan laut China, demikian seperti dikutip dari antaranews, Sabtu (26/3/2016).

Seperti diketahui, China sendiri mengklaim sebagian besar wilayah Laut China Selatan yang dilalui kapal pengangkut komoditas perdagangan senilai lima triliun dolar AS setiap tahunnya. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here