Kisah Perempuan Pewaris 600 Dirham : Mengapa Hanya 1 Dirham Yang Kudapatkan?

0
327
ilustrasi dirham
ilustrasi dirham

Ada salah seorang perempuan yang mengadu kepada seorang Ahli Fikih. Perempuan ini mengadu lantaran ia merasa didzalimi oleh saudara-saudaranya terkait harta waris yang ia dapatkan.

“Wahai imam, seorang saudara laki-lakiku telah meninggal. Ketika meninggal, ia memiliki harta sebanyak 600 dirham. Sayangnya, aku tidak mendapatkan bagian melainkan hanya satu dirham saja,” kata perempuan itu.

Ahli Fikih ini kemudian terdiam, dan bertanya kepada perempuan tersebut : “Benarkah itu?”

Sang penanya kemudian menjawab : “Benar”.

Lantas Ahli Fikih memberikan jawaban dan alasan, mengapa perempuan yang bertanya itu hanya mendapatkan satu dirham saja.

“Barangkali saudara laki-laki anda yang telah meninggal memiliki seorang istri, seorang ibu, dua anak perempuan dan 12 saudara laki-laki lain,” kata Ahli Fikih.

“Memang benar, tapi dari mana anda bisa tahu?” tanya perempuan itu keheranan.

“Wajar kalau anda mendapatkan satu dirham. Itu adalah hak anda, dan mereka tidak mendzalimi anda,” terang Ahli Fikih.

“Adapun istrinya, maka ia mendapat seperdelapan, yang berarti 75 dirham. Dua anak perempuannya mendapat dua pertiga yaitu 400 dirham. Adapun ibu mendapat seperenam yang berarti 100 dirham. Harta saudara anda tinggal 25 dirham saja,” jelas sang Ahli Fikih.

“Tersisa 12 saudara laki-laki dan satu saudara perempuan yaitu anda. Masing-masing saudara laki-laki mendapat dua dirham yang berarti 24 dirham untuk saudara-saudaranya yang laki-laki. Tersisalah satu dirham sebagai hak anda,” tutup sang Ahli Fikih. (azman)

Diterjemahkan dari situs Saaid.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here