Menunggu Kepastian Penambahan Kuota Haji

0
264
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

JAKARTA (fokusislam) – Antrian jamaah haji Indonesia membludak. Di beberapa kota ada yang menunggu hingga diatas 20 tahun. Harapan satu-satunya untuk mengatasi ini adalah penambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi.

Hingga saat ini, pemerintah melalui kementrian Agama berusaha untuk menambah kuota tersebut. Menteri Agama Lukman Hakim berharap semoga hal itu bisa terwujud.

“Khusus bagi Indonesia, karena sejak lama memperjuangkan tambahan 10ribu, ini yang terus kita ikhtiarkan. Doakan saja mudah-mudahan bisa diwujudkan tahun ini tambahan itu,” tegas Lukman ditanya wartawan usai menghadiri Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren se-Provinsi Lampung, Senin (18/4/2016), seperti dilansir laman resmi Kemenag.

Terkait rencana tambahan kuota bagi Indonesia sebanyak 10 ribu jamaah, Menag sudah meminta kepastiannya kepada Pemerintah Arab Saudi saat melakukan kunjungan kerja ke Jeddah pertengahan Maret lalu. Namun, pihak Saudi belum memberikan jawaban secara tegas karena sedang dipertimbangkan.

“Menteri Urusan Haji Saudi mengatakan bahwa hal ini betul-betul menjadi perhatian Pemerintah Saudi yang terus dipertimbangkan. Pada saatnya nanti, Pemerintah Saudi akan menyampaikan secara resmi terkait hal ini,” kata Menag pada Maret lalu.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah melakukan kunjungan ke Arab Saudi dan bertemu dengan Raja Salman di Jeddah, pada pertengahan September tahun lalu. Dalam pertemuan itu, Raja Salman menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa kuota jamaah haji  Indonesia akan ditambah sebanyak 10 ribu.

Saat menerima Kunjungan Kehormatan dari Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Adel Bin Ahmed Al Jubeir, di tengah-tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) ke-5 Organisasi Kerjasama Islam (OKI), di JCC Senayan, Jakarta, Senin (7/3/2016),  Presiden Joko Widodo  meminta  agar penambahan kuota haji bagi Indonesia dapat segera direalisasikan. (ibnu)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here