Ribuan Orang Antar Jenazah Tuty Alawiyah ke Pemakaman

0
405
Sejumlah pejabat takziyah ke Tuty Alawiyah
Sejumlah pejabat takziyah ke Tuty Alawiyah

JAKARTA (fokusislam) – Ketua Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) Prof. Dr. Tuty Alawiyah meninggal dunia pada Rabu (4/5/2016) pagi di rumah Sakit MMC Jakarta.

Ribuan umat muslim mengantar Tuty ke peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga di lingkungan Pesantren As-Syafiiyah Jatiwaringin. Sebelum dimakamkan, Tuty  disalatkan di mesjid Al-Barkah yang berada di lingkungan Universitas Islam As-Syafiiyah, Jl Jatiwaringin, Jakarta Timur, Rabu (4/5/2016).

Di masjid tersebut, jenazah disalatkan oleh ribuan umat muslim termasuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Menpan RB Yuddhy Chrisnandi, Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, mantan Ketua MK Hamdan Zulva serta Ustadz Yusuf Mansyur.

Tampak pula mantan Menteri Koperasi Adi Sasono serta sejumlah anggota DPR RI dan Dewan Perwakilan Daerah RI. Pelaksanaan shalat jenazah dilakukan usai shalat Ashar. Selain sejumlah menteri kabinet kerja, Wapres Jusuf Kalla juga hadir untuk takziyah di kediaman almarhumah beserta Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Sebelum dishalatkan, dalam sambutannya, mantan Presiden BJ. Habibie mengatakan bahwa bangsa ini kehilangan sosok alhamarhumah yang semasa hidup selalu mengabdikan dirinya bagi kepentingan umat.

“Kita semua sayang beliau, tapi Allah Swt lebih menyayangi beliau,” ujar Habibie terbata-bata, seperti dilansir laman resmi Kementrian Agama.

“Kita hanya bisa memanjatkan doa dengan tulus dan ikhlas dari hati kita, agar dalam perjalanan beliau diridhai Allah Swt,” ucap HJ. Habibie yang disambut lafadz Amin ribuan jamaah.

Usai disalatkan yang dipimpin langsung oleh putra almarhumah, Daelami Firdaus, jenazah yang berada di keranda dibawa ke Masjid Al-Alawiyah yang berada 100 meter dari masjid pertama. Jenazah Tuty digotong melewati jalan raya, lokasi masjid kedua berada satu area dengan pemakaman. Jenazah dimakamkan di sebelah makam suaminya H. Ahmad Chotib.

Seperti diketahui, Tuty Alawiyah adalah sosok berpengaruh yang mendirikan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) yang populer di kalangan ibu-ibu pengajian. Tuty Alawiyah yang lahir di Jakarta pada 30 Maret 1942 ini pernah menjadi menteri peranan wanita di zaman Presiden Soeharto dan BJ Habibie. Selain memimpin Universitas Islam As-Syafiiyah, Tuty membina sejumlah pesantren di antaranya pesantren Yatim dan beberapa lembaga pendidikan. (ibnu)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here