Wesal Jadi Pelopor Tv Dakwah di Era Digital

0
3090
Peresmian gedung baru Wesal Tv pada Rabu (4/5/2016)
Peresmian gedung baru Wesal Tv pada Rabu (4/5/2016)

JAKARTA (fokusislam) – Adegan tak layak dengan lawan jenis, hura-hura dan humor tak mendidik jadi menu sehari-hari para penonton televisi dirumahnya. Hal ini tentu sangat mengkawatirkan generasi muda, dimana mereka adalah penerus bangsa dimasa yang akan datang.

Maka dengan hadirnya televisi yang memfokuskan diri pada dakwah dan ajaran Islam merupakan angin segar yang sangat berharga. Keberadaannya seperti oase ditengah gurun yang terik.

Wesal Tv adalah salah satu stasiun televisi yang memiliki komitmen tinggi terhadap dakwah dan pendidikan Islam. Diakses via parabola, Wesal Tv menayangkan acara-acara unggulan seperti ceramah, murattal Al-Quran, news, talk show pendidikan, keluarga, ekonomi syariah dan lain-lain.

Jangkauan yang Luas

Ada jutaan orang yang menonton Wesal Tv setiap harinya. Para penikmat stasiun televisi ini banyak berasal dari pelosok tanah air, negara-negara ASEAN, Australia dan jazirah Arab.

“Jumlah penonton 7 juta sehari. Frekuensi yang baru jangkauannya lebih luas mencakup Asia Tenggara, Australia dan Jazirah Arab,” kata Program Manager Wesal Tv, Muhammad Yusuf Iskandar, Selasa (10/5/2016)

Perluasan jangkauan ini, kata Yusuf, sudah berlangsung selama 5-6 bulan. Sebelumnya hanya bisa dijangkau wilayah Asia Tenggara saja.

Program Manager Wesal Tv Muhammad Yusuf Iskandar
Program Manager Wesal Tv Muhammad Yusuf Iskandar

Pola acara pada stasiun televisi ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ada program ilmu syariah sebesar 30 persen.

“Bentuknya kajian live interaktif maupun rekaman dengan tema akidah, tafsir, hadits, fikih, dan lain-lain,” ujar Yusuf.

Bimbingan keluarga sebanyak 20 persen, berupa konsultasi problematika rumah tangga, pembagian harta warisan dan lain-lain.

Program sosial sama porsinya dengan bimbingan keluarga, sebesar 20 persen sedangkan informasi 10 persen.

“Program acara informasi ada akhpar pagi, petang serta informasi dan tips,” tegas Yusuf.

Peresmian Tempat Baru

Dibawah naungan PT Nur Medina Intermedia, Wesal Tv bukanlah satu-satunya televisi Islam, tetapi masih ada dua lainnya yaitu Mercy Tv dan Bunayya Tv. Mercy Tv khusus menyiarkan tentang keindahan Islam dan penjelasan tentang syubhat-syubhat yang menggerogoti ajaran Islam. Adapun Bunayya Tv fokus menyasar anak-anak.

Pada Rabu (4/5/2016), Wesal Group (Wesal, Bunayya dan Mercy) secara resmi menempati kantor baru di Gedung Mawaddah Center, Jalan Swadaya 1 nomo 59 RT/RW 09/01 Kelurahan Pondok Ranggon Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Sebelumnya media ini berkantor di daerah Pondok Cina Depok.

Direktur Utama Wesal Tv, Ustadz Mas’ud Abu Abdillah dalam sambutannya mengatakan, saat ini Wesal telah memiliki 12 unit usaha. Dengan ini, maka operasional betul-betul mandiri.

Ustadz Mas’ud mengajak kepada kaum muslimin untuk bekerja sama mengedukasi umat Islam melalui media televisi lokal menyongsong era digital pada tahun 2018 mendatang.

Sebagai anggota PULDAPII, Ustadz Mas’ud juga berharap agar PULDAPII punya peran dalam mengedukasi masyarakat melalui tayangan-tayangan yang bermanfaat.

“Apa jadinya generasi muslim di era ini jika tidak memiliki  tontonan yang bernuansa Islam?,” kata Ustadz Mas’ud.

Dalam acara peresmian ini hadir beberapa pejabat pemerintah setempat dan tokoh Islam, diantaranya Ketua Dewan Pembina PULDAPII Ustadz Yusuf Baisa. (ibnu)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here