Jamaah Haji Iran Tidak Bisa Berhaji Tahun Ini, Benarkah?

0
42
ilustrasi
ilustrasi

MEKKAH (fokusislam) – Musim haji akan tiba dalam hitungan bulan ke depan. Pemerintah Arab Saudi, melalui Kementrian Haji dan Umrah telah memberikan sambutan bagi para jamaah yang akan menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

“Kami menyambut semua jamaah dari seluruh dunia dan dari semua bangsa dan latar belakang,” demikian disampaikan Kementerian Haji Saudi seperti diberitakan alarabiya, Jumat (13/5/2016).

Pernyataan tersebut kemudian ditambahkan bahwa ada satu negara yang kemungkinan tidak bisa mengikuti pelaksanaan haji. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyebut bahwa negara tersebut adalah Iran.

Atas pernyataan tersebut, pemerintah Iran pun langsung meradang. Mereka bahkan menuduh bahwa pemerintah Arab Saudi telah melakukan sabotase.

Akan tetapi, tuduhan Iran kemudian langsung ditanggapi oleh Arab Saudi dan menyebut bahwa pemerintah Iran sendiri yang tidak mau mengikuti peraturan pelaksanaan haji.

“Namun kunjungan itu harus dilakukan dalam sistem dan pedoman yang mengatur urusan haji. Dan delegasi Iran menolak menandatangani kesepakatan untuk menuntaskan persiapan guna musim haji tahun ini . Mereka tetap bersikeras pada tuntutan-tuntutan mereka sendiri,” demikian pernyataan Kementerian Haji Saudi.

Arab Saudi dan Iran sendiri kini masih berada dalam fase putus hubungan diplomatik. Putusnya hubungan diplomatik itu diawali oleh aksi warga Iran yang membakar Kedubes Arab Saudi di Teheran. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here