Ini Penjelasan Resmi Arab Saudi Terkait Tidak Adanya Jamaah Haji Iran Tahun Ini

1
66
Arab Saudi - Iran
Arab Saudi - Iran

RIYADH (fokusislam) – Pelaksanaan  ibadah haji tahun ini tidak akan diikuti oleh jamaah yang berasal dari Iran. Keputusan itu sudah final dan usut punya usut, ternyata Iran sendiri yang mengambil keputusan tersebut.

Terkait dengan ketiadaan jamaah haji asal Iran, Arab Saudi kemudian dijadikan sebagai kambing hitam.  Organisasi Haji Iran dalam pernyataannya menyebut bahwa “Arab Saudi menentang hak mutlak warga Iran untuk beribadah haji dan menghalangi jalan kepada Allah”.

Baca : Tahun ini Iran tak Kirim Jamaah Haji, Malah Ngotot Bilang Saudi Halangi Jalan Kepada Allah

Menanggapi tudingan tersebut, pemerintah Arab Saudi memberikan tanggapan resminya. Berikut tanggapan Arab Saudi seperti dikutip dari alarabiya, Ahad (29/5/2016)

“Utusan dari Iran telah mendatangi kami dan kami telah menjamu mereka. Kemudian, bersama-sama kami menggelar pertemuan selama dua hari pada tanggal 18-19 Sya’ban 1437 H (25-26 Mei 2016). Pertemuan dua belah pihak menghabisakan banyak waktu untuk membicarakan dan memberikan kemudahan bagi jamaah haji asal Iran. Diantaranya :

  • Kementerian Luar Negeri Arab Saudi telah menyepakati penggunaan visa elektronik untuk jamaah haji asal Iran
  • Pemerintah Arab Saudi menginginkan agar proses pengangkutan jamaah haji dilakukan dengan bersama-sama, dengan rincian setengah berisi jamaah haji asal Arab Saudi dan setengahnya lagi berasal dari Iran
  • Pemerintah Arab Saudi menyetujui keinginan Iran untuk menjadikan Kedubes Swiss sebagai representasi hubungan diplomasi kedua belah pihak, demi memberikan kenyamanan kepada jamaah haji asal Iran

Sayangnya, pada hari Jumat pagi, utusan dari Iran meninggalkan Arab Saudi dan kembali ke negara mereka tanpa menandatangani kesepakatan yang sudah disiapkan.” (azman)

1 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah, nyaman sekali ketika tidak ada orang syiah di makkah, apalagi di madinah sngat tidak nyaman menyaksikan mereka meratap di kuburan baqi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here