Komunitas Muslim di Indonesia Kelola Masjid di Amerika

1
356

MARYLAND (fokusislam) – Menjadi seorang muslim di negara yang mayoritas penduduknya adalah non muslim bukanlah perkara yang mudah. Kesulitan dalam hal beragama akan menjadi semakin bertambah jika kita tidak pandai mencari komunitas yang se-iman dan se-akidah.

Namun, ketika kita sudah menemukan komunitas yang se-iman, atau bahkan satu bangsa, maka perlahan kesulitan tersebut bisa diminimalkan. Salah satunya, seperti yang terjadi pada komunitas warga Indonesia di kota Washington DC.

Bukan hanya mudah dalam menjalankan peribadahan, komunitas muslim Indonesia di Washington DC bahkan memiliki masjid yang mereka kelola sendiri. Dibawah naungan IMAAM (Indonesia Muslim Association in America), komunitas muslim banyak melakukan kegiatan peribadahan.

Seperti dikutip dari bujangmasjid, IMAAM Center adalah masjid komunitas muslim Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat. Masjid ini menjadi masjid kedua yang dimiliki dan dikelola oleh muslim Indonesia setelah Masjid Al-Hikmah di New York City. IMAAM Center berada di Georgia Avenue, Silver Spring, Maryland, Amerika Serikat, tak jauh dari Washington DC, Ibukota Amerika Serikat. IMAAM Center dibangun diatas tanah seluas 1,15 hektar ini beralamatkan di 9100 Georgia Ave, Silver Spring, Washington, DC. Lokasi masjid ini cukup strategis, karena berada di perbatasan Washington DC dengan Maryland.

Bekas Gereja

Sebelum dibeli pada tanggal 12 Juni 2014, bangunan dua lantai berbatu bata merah ini adalah gereja First Baptist Church Montgomery Maryland yang sudah lima tahun tidak dipakai karena sebagian besar jemaahnya beralih menganut atheis dan kemudian dibeli oleh komunitas Muslim Indonesia untuk dijadikan sebagai masjid.

imaam center-kalla

Gereja tersebut dibangun tahun 1955 dengan izin resmi dari pemerintah hanya untuk digunakan sebagai tempat peribadatan. Itu sebabnya pengurus gereja kesulitan untuk menjual bangunan tersebut untuk keperluan lain, namun justru hal tersebut yang menjadi nilai tambah bagi muslim Indonesia disana karena dengan membeli gedung gereja tersebut tidak perlu lagi mengurus izin untuk membangun tempat ibadah.

Beberapa pejabat Indonesia yang berkunjung ke Amerika Serikat tidak sedikit yang menyempatkan diri untuk mampir ke IMAAM Center. Diantara yang pernah berkunjung ke masjid ini adalah Wapres Muhammad Jusuf Kalla. (azman)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here