Ini 7 Fakta Muslim di Jerman

0
214
salah satu masjid di Kota Duisburg, NRW
salah satu masjid di Kota Duisburg, NRW

JAKARTA (fokusislam) – Setelah Kristen, Islam merupakan agama ke dua terbesar dengan pemeluk terbanyak di Jerman. Mereka berasal atau keturunan migran dari berbagai negara. Berikut beberapa fakta bagi Anda untuk mengenal lebih dekat Muslim di Jerman.

Fakta 1 : Kedua Terbesar di Eropa

Di Jerman menetap sekitar 4 juta warga Muslim atau 5 persen dari populasi Jerman. Angka ini menempatkan Jerman, di bawah Perancis, sebagai negara ke-2 di Eropa dengan populasi Muslim terbanyak . Di Perancis ada sekitar 4,7 juta warga Muslim.

Fakta 2 : Terbanyak Tinggal di NRW

Sekitar 1.343.000 warga Muslim tinggal di Nordrhein-Westfalen (NRW), menempatkan negara bagian ini menjadi wilayah dengan penduduk Muslim terbanyak di Jerman.

Fakta  3 : Dari Turki Terbanyak

Mayoritas Muslim di Jerman adalah pendatang dan keturunan migran generasi kedua atau ketiga. Turki merupakan negara asal Muslim Jerman terbanyak: 1,5 juta. Sementara Muslim di Jerman yang berasal dari Asia Tenggara hanya sekitar 73.000 orang, Afrika Utara 92.000, Eropa Tenggara 355.000. Dari Asia Tengah 13.000, Kawasan Timur Tengah 110.000 dan dari negara lainnya 32.000.

Fakta 4 : Banyak yang Punya Paspor Jerman

44,4 persen warga Muslim di Jerman memegang paspor Jerman. Secara prosentase, warga Muslim Jerman yang berasal atau keturunan dari negara-negara Asia Selatan dan Tenggara merupakan warga Muslim berkewarganegaraan Jerman terbanyak: 69,2 persen.

Fakta 5 : Status Muslim

Dari hasil jajak pendapat tahun 2008, hanya 36 persen yang menyatakan bahwa mereka benar-benar Muslim. Dan hanya 33, 9 persen warga Muslim Jerman yang menyatakan menjalankan kewajiban beribadah. Sementara 20,4 persen lainnya tidak pernah sama sekali.

Fakta 6 : Masjid di Jerman

Menurut statistik, di Jerman ada 206 mesjid dan sekitar 2.600 rumah ibadah kaum Muslim. 120 mesjid tengah dalam pembangunan atau dalam perencanaan. 53,7 persen mesjid yang ada di Jerman di bangun di pusat kota dan 26,8 persen di wilayah pemukiman.

Fakta 7 : Puasa Yang Panjang

Seperti negara-negara eropa lainnya, di bulan Ramadhan kaum muslimin di Jerman mengerjakan ibadah puasa yang lebih lama dibandingkan dengan negara-negara Asia. Durasi puasa di Jerman kira-kira sekitar 19 jam. (azman/dbs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here