Dakwah Sosial Yamima kepada PSK di Jatinegara

0
221
Dakwah Sosial Yamima kepada PSK di Jatinegara
Dakwah Sosial Yamima kepada PSK di Jatinegara

JAKARTA (fokusislam) – Ada banyak cara untuk mengajak orang ke jalan Allah. Seperti yang dilakukan oleh tim dari Yayasan Amanah Insan Madani (Yamima) pada ramadhan kali ini, yaitu dengan melakukan taushiyah dan pembagian mukenah gratis kepada para PSK di sekitar Jatinegara sampai Klender. Kegiatan dilakukan mulai pukul 00.00 hingga 03.00 WIB pada Sabtu (25/6/2016)

“Program ini kami namakan lailatul badr, yaitu dakwah pada malam hari yang sengaja kami sasar orang-orang yang terjerumus dunia hitam seperti para PSK dan anak punk,” kata ketua Yamima, Rizal Abu Fatih, kepada Fokus Islam, Sabtu (25/6/2016).

Rizal mengatakan, banyak PSK yang menangis dan ingin taubat setelah diberikan nasehat. Bahkan tak sedikit dari mereka yang konsultasi tentang masalah keagamaan.

“Mereka cukup senang dengan kedatangan kami, meskipun awalnya ketakutan karena disangka menggrebek mereka. Kami berikan penjelasan tentang agama dan mengajak untuk bertaubat, diantara mereka ada yang menangis,” ujar Rizal.

yamima-04

Rizal sengaja memilih kawasan Jatinegara, karena ditempat tersebut banyak para PSK berjejer ketika malam hari tiba.

“Tujuan kami adalah untuk mendakwahi mereka yang terjerumus dunia hitam. Kami pilih di jalan antara Jatinegara sampai Klender karena banyak PSK yang mangkal kalau malam hari,” terang Rizal.

Bukan hanya PSK, sasaran tim Yamima juga para germo yang menjadi bos dan pelindung wanita tuna susila tersebut.

“Germonya juga sekalian kami dakwahin, mereka mau untuk mendengarkan,” papar Rizal.

Usai diberikan taushiyah, para PSK dan germo tersebut mendapatkan bingkisan hadiah berupa mukenah, sarung, baju koko, Al-Qur’an dan lain-lain.

“Kami berikan alat-alat sholat, Al-Qur’an dan perlengkapan mandi seperti handuk, sabun dan odol,” terang Rizal.

Kepada para PSK yang didakwahi, Rizal menjanjikan akan terus membimbing mereka hingga betul-betul terlepas dari lembah dosa.

“Kami janji kepada mereka untuk terus melakukan bimbingan, bahkan akan membantu dari segi financial juga,” ucap Rizal.

Hampir semua yang ditemui, kata rizal, mereka terjun ke dunia hitam karena kesulitan ekonomi, sedangkan mereka memiliki anak yang harus dibiayai hidupnya.

“Banyak dari mereka yang sulit meninggalkan profesi tersebut karena bingung mau kerja apa. Maka kami janji akan memberikan bimbingan dan menjamin kebutuhan hidup mereka jika benar-benar bertaubat,” jelas Rizal.

Program dakwah lailatul badr oleh tim Yamima ini rencananya akan rutian dilakukan sebulan sekali. Sekali jalan, menghabiskan dana Rp. 20 juta dengan membagikan bingkisan kepada 80 orang.

Untuk memperlancar kegiatannya, lembaga yang beralamat di jalan Batu Giok 2 nomor 110 Rawalumbu Bekasi ini menggandeng aparat kepolisian. (ibn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here