Lagi, Sebuah Masjid di Myanmar Dihancurkan Sekelompok Orang

0
676
ilustrasi masjid
ilustrasi masjid

NAYPYTAW (fokusislam) – Untuk yang kesekian kalinya, kaum muslimin di Myanmar merasakan kepedihan yang berat. Salah satu masjid tempat mereka beribadah, dihancurkan sekelompok orang tak bertanggung jawab.

Warga desa dari Thayethamin, yang berlokasi sekitar dua jam perjalanan ke arah timur laut Yangon, menghancurkan sebuah masjid pada Kamis (23/6/2016) setelah terjadi perselisihan mengenai konstruksi masjid tersebut. Selain masjid, mereka juga menganiaya setidaknya seorang pria muslim.

“Situasi sudah terkontrol dengan baik saat ini dan belum ada tindakan apa pun terhadap siapa pun,” ujar Kolonel Zaw Khin Aung, juru bicara kepolisian Myanmar yang bermarkas di ibu kota Naypyitaw, demikian seperti dikutip dari CNN, Jumat (24/6/2016).

Perselisihan agama di Myanmar sudah berlangsung selama hampir setengah abad sejak pemerintah junta militer berkuasa. Namun konflik semakin memanas pada 2012, hanya satu tahun setelah rezim semi-sipil mengambil alih pemerintah.

Ketika itu, ratusan orang tewas dalam bentrokan antara minoritas Muslim Rohingya dan etnis mayoritas Buddha di negara bagian Rakhine. Bentrokan itu kemudian berujung pada eksodus warga Rohingya ke berbagai negara ASEAN. Pada 2013, kekerasan terus terjadi di wilayah lain Myanmar dan kembali menjatuhkan banyak korban dari pihak muslim. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here