Kudeta Gagal, Presiden Erdogan Berhasil Selamat

0
293
Erdogan disambut ribuan pendukungnya
Erdogan disambut ribuan pendukungnya

ISTANBUL (fokusislam) – Upaya kudeta yang dilakukan oleh salah satu faksi militer di Turki berhasil digagalkan. Ratusan tentara yang melakukan upaya kudeta pun berhasil ditangkap.

Presiden Erdogan sendiri berhasil keluar dari situasi mencekam. Erdogan kini sudah diamankan dan tiba di Bandara Internasional Attaturk, Istanbul, Sabtu (16/7/2016).

Di hadapan ribuan pendukungnya, Erdogan menegaskan bahwa upaya kudeta merupakan bentuk kegiatan terorisme dan ia sangat menentang upaya tersebut. Dalam pernyataannya, Erdogan menyatakan tetap akan  memerintah dan siap mati demi Turki.

“Bendera adalah kehormatan saya, negara ini adalah kehormatan saya dan itulah alasan saya datang ke sini untuk mati. Saya siap mati,” kata Erdogan yang dikutip dari CNN.

Baca : Kudeta Faksi Militer Turki Berhasil Dipatahkan

Sebelumnya kot Istanbul dan Ankara berada dalam suasana mencekam atas upaya kudeta militer. Dalam pernyataannya, sebuah faksi militer mengaku akan mengembalikan demokrasi dengan menggulingkan Erdogan.

Namun beberapa jam berselang, pemerintah Erdogan menyatakan kudeta gagal. Para petinggi militer angkat suara, menyatakan berlepas diri dan tidak merestui kudeta tersebut. Upaya kudeta disebut dilakukan oleh faksi kecil militer, tidak mendapatkan dukungan mayoritas angkatan bersenjata. (azman)

LEAVE A REPLY