Mengenal Syaikh Shalih bin Saad As-Suhaimi, Ulama Madinah Pengisi Tabligh Akbar 24 Juli 2016

0
2689

JAKARTA (fokusislam) – Kabar gembira menyapa umat Islam di Indonesia, khususnya bagi yang tinggal di sekitar wilayah Jakarta. Pasalnya, Ahad (24/7/2016) besok akan ada ulama asal Kota Madinah Al Munawwaroh untuk menyampaikan ceramah di Masjid Nurul Iman Bolk M Square. Rencananya, acara akan dimulai pukul 08.00 sampai menjelang dzuhur.

Adalah Syaikh Dr. Shalih bin Sa’ad As Suhaimi yang akan datang ke Jakarta. Materi tabligh akbar berjudul “Islam Menjunjung Tinggi Kelemah-Lembutan”. Hadir sebagai penerjemah dalam acara ini adalah Ustadz Abdullah Taslim, MA.

Sebelum mengisi di Jakarta, Syaikh Dr Sholeh bin Sa’ad As-Suhaimi rencananya akan mengisi Dauroh untuk para da’i di kawasan Batu, Malang, Senin-Sabtu (18-23/7/2016).

Siapakah Syaikh Dr Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi?. Berikut profil ringkasnya seperti dikutip dari forum ahlalhadeeth.

Nama dan Pendidikan

Nama beliau adalah Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi Al-Harbi, lahir pada tahun 1366 H di sebuah wilayah perkampungan yang terletak antara Kota Madinah dan Qasim. Pada tahun 1376, Syaikh Shalih As-Suhaimi pindah ke kota Madinah bersama dengan orang tuanya dan menamatkan pendidikan dasar hingga sekolah menengah disana.

Selepas itu, beliau melanjutkan kulian di Universitas Islam Madinah dan mendapat gelar S1 pada tahun 1392 H. Setelahnya, beliau melanjutkan program Magister di Universitas Al-Azhar Mesir dan menyelesaikan program S2 nya pada 1400 H dengan tesis berjudul “Al-Musaqah Wa Ahkamuha Fi As-Syariah Al-Islamiyah”.

Adapun program doktoral beliau lanjutkan kembali di Universitas Islam Madinah dan berhasil beliau selesaikan pada tahun 1403 H dengan disertasi berjudul “ Ahkam ‘Aqdil Ijar Ahkamuha Fi As-Syariah Al-Islamiyah”.

Kegiatan Sehari-Hari

Kegiatan Syaikh Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi tidak terlepas dari tiga hal, yaitu mengajar, berdakwah dan menulis. Pasca menyelesaikan program sarjana, beliau mengajar di sekolah tingkat atas di kota Madinah. Setelah menyelesaikan program doktoral, beliau kemudian ditunjuk sebagai salah satu di Fakultas Syariah Unversitas Islam Madinah. Tak lama kemudian pindah ke Fakultas Akidah dan pada tahun 1418 ditunjuk sebagai dekan di Fakultas Akidah.

Beliau juga aktf berdakwah dimana beliau banyak bekerja sama dengan Markaz Dakwah Wal Irsyad di Kota Madinah.

Karya Tulis

Syaikh Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi memiliki beberapa karya tulis ilmiyah seperti  “Tanbih Ulil Abshar Ila Kamaliddin Wama Fil Bida’ Minal Akhthar” dan “Manhaj As-Salaf fil Aqidah Wa Atsaruhu Fi Wihdatil Muslimin”.

Beliau juga banyak men-syarah buku-buku para ulama terdahulu. Diantara kitab-kitab yang disyarah oleh Syaikh Shalih As-Suhaimi adalah :

  • Utsul TIsalastah
  • Qawaidul Arba’
  • Tadmuriyah
  • Akidah Wasithiyah
  • Wasail Mufidah Lil Hayat As-Saidah
  • Riyadhus Shalihin
  • Kitabul Iman dari Shahih Muslim
  • Fadhlu ‘Ilmi As-Salaf ‘Ala Al-Khalaf
  • Nawaqidhul Islam
  • Dan lain sebagainya

Kini beliau telah hadir di Indonesia untuk mengisi beberapa kegiatan seperti Daurah untuk para duat di Malang, Senin-Sabtu (18-23 Juli 2016) dan juga Tabligh Akbar di Jakarta (24 Juli). Semoga kita bisa mengambil faedah dari kedatangan beliau. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here