Donald Trump Resmi Jadi Calon Presiden AS, Menlu Jerman : Pandangan Trump Berbahaya Bagi Dunia

0
286

WASHINGTON (fokusislam) – Donald Trump resmi menjadi calon presiden dari Partai Republik pada pemilu Amerika Serikat November mendatang. Dia memenangkan jumlah suara dalam Konvensi Partai Republik, mengalahkan Ted Cruz dengan telak.

Menurut penghitungan CNN, Trump mengantungi lebih dari 1.700 suara dari delegasi, sementara Cruz hanya sekitar 400 suara dalam konvensi di Ohio, Selasa malam (19/7). Trump melampaui batas minimal perolehan suara Republik, yaitu 1.237.

Menyikapi pencalonan Trump untuk bersaing menjadi Presiden AS, Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier ikut angkat bicara dan memberikan komentarnya. Menurutnya, Trump memiliki pandangan yang sangat berbahaya bagi keamanan AS dan dunia.

Steinmeier juga mengaku prihatin atas sumpah Trump untuk “menjadikan Amerika kuat lagi” dan mengurangi keterlibatan di masyarakat internasional.

“Hal tersebut saling bertentangan dan membuat saya prihatin,” kata Steinmeier dalam perjalanan menuju Washington untuk menghadiri pertemuan dengan menteri luar negeri dan pertahanan dalam meninjau upaya koalisi AS melawan ISIS.

“Politik ketakutan dan isolasi hanya akan mengurangi keamanan, tidak lebih, dan berbahaya tidak hanya bagi Amerika Serikat, tapi bagi Eropa dan seluruh dunia,” lanjut Steinmeier.

Menurut Steinmeier, visi Trump banyak yang bermasalah. Di antaranya adalah rencana pelarangan Muslim masuk AS, menghina imigran Meksiko dan mendorong pembangunan tembok pembatas tinggi di perbatasan Meksiko.

Steinmeier mengatakan AS tidak bisa mementingkan diri sendiri seperti yang diinginkan Trump. Tantangan saat ini, ujar Steinmeier, adalah mencari solusi yang bisa bekerja dengan baik dan tidak hanya mengandalkan slogan atau mengentaskan masalah dengan membangun tembok pembatas tinggi. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here