Himbauan Untuk Jamaah Haji Indonesia : “Jangan Selfie”

0
166
ilustrasi selfie
ilustrasi selfie

MEKKAH (fokusislam) –Haji merupakan salah satu bentuk peribadahan yang membutuhkan kemampuan dan kesungguhan. Karenanya, tidak semua orang bisa dan mampu melakukan salah satu dari rukun islam yang lima ini.

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia meminta kepada para jamaah agar tidak melakukan hal-hal yang tak terkait dengan rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Diantaranya adalah melakukan swafoto atau yang lebih dikenal dengan istilah selfie.

Terlebih jika selfie dilakukan bersama dengan para askar atau polisi Arab Saudi. Himbuan ini di tegaskan oleh Kepala Seksi Bidang Perlindungan Jamaah Haji di Mekkah Wagirun Topan Tuwinangan, demikian seperti dikutip dari kabarmekkah.com.

“Sebaiknya jamaah haji tidak selfie di tempat strategis milik Saudi, misalnya kantor polisi atau foto bersama polisi”, kata Wagirun mengingatkan saat apel di Daker Mekkah, Jum’at (19/8/2016).

Himbuan ini bersifat keras dan tidak main-main. Berkaca dari pengalaman bertugas sebagai petugas haji, tahun kemarin ada kasus foto baik Jamaah maupun petugas haji yang akhirnya berakhir di sel tahanan. Polisi Saudi memang sangat sensitif terhadap penggunaan foto.

Namun demikian, Wagirun juga menginformasikan bahwa penggunaan kamera ponsel di masjidil Haram untuk saat ini masih di perbolehkan, yang tidak diperbolehkan adalah membawa kamera besar handycam dan melakukan siaran langsung di masjidil Haram. (hisyam/azman)

LEAVE A REPLY