Myanmar Digoyang Gempa, Ratusan Tempat Ibadah Umat Budha Hancur

0
654

NAYPIDAW (fokusislam) – Bencana alam kembali melanda negara Myanmar. Kali ini, bencana berupa gemba bumi berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang negara ASEAN tersebut pada Rabu (24/8/2016).

Selain Myanmar, gempa bumi yang menghantam dari kedalaman 84 kilometer ini juga dirasakan di negara-negara tetangga seperti Thailand, India dan Bangladesh. Hal itu membuat warga berhamburan menyelamatkan diri.

Tiga warga Myanmar tewas dalam bencana ini. Selain itu, gempa juga mengguncang sekitar 200 kuil peribadahan di Myanmar atau yang sering disebut juga dengan pagoda. Akibatnya, pagoda menjadi rusak dan sebagiannya ambruk, demikian seperti dikutip dari CNN, Kamis (25/8/2016).

Ratusan pagoda dan kuil Buddha di Myanmar rusak, di antaranya di kota Chauk. Soe Win, politisi dari Chauk, mengatakan ini adalah gempa terparah yang pernah dirasakannya.

“Lebih dari delapan pagoda di kota ambruk. Dua bangunan juga rubuh, beberapa lainnya retak, warga masih ketakutan,” kata Soe.

Kerusakan parah dilaporkan terjadi di kota kuno Bagan. Kementerian Agama dan Budaya Myanmar mengatakan, sedikitnya 171 dari 2.500 monumen Buddha di kota ini rusak akibat getaran.

“Beberapa di antaranya rusak parah,” kata Aung Kyaw, direktur departemen kebudayaan Bagan kepada AFP.

Foto yang diambil AFP memperlihatkan debu yang beterbangan di beberapa kuil besar Bagan, dengan bata-bata yang rontok.

Myanmar merupakan salah satu negara di ASEAN dengan mayoritas pemeluk agama Budha. Agama-agama lain merupakan minoritas di Myanmar termasuk agama Islam. Pemeluk agama Islam di Myanmar yang berasal dari etnis Rohingya bahkan mengalami tindak diskrimanasi dan teror mengerikan dari warga mayoritas. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here