Fasilitas Wukuf Untuk Jamaah Haji Tahun Ini Lebih Baik Dibanding Sebelumnya

0
497

MEKKAH (fokusislam) – Wukuf di Arafah merupakan rukun dari ibadah haji yang wajib dilakukan. Rangkaian ibadah ini merupakan bagian terpenting karena menentukan sah atau tidaknya pelaksanaan haji para jemaah.

Agar jemaah haji Indonesia khusyuk dalam menjalani proses puncak haji tersebut, sejumlah fasilitas bakal disediakan. Selain tenda juga akan ada karpet yang digunakan sebagai alas jemaah.

“Ada peningkatan, antara lain kualitas tenda. Kita diberi kesempatan untuk mengecek tenda, jika kurang baik, bisa diganti,” kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis di Jeddah, Arab Saudi, Kamis (1/9/2016).

Ada juga air mineral yang disediakan untuk tiap jamaah demi menghindari kemungkinan terjadinya dehidrasi, demikian seperti dikutip dari Liputan6.com

“Kita juga akan sediakan air mineral saat jemaah tiba di Arafah. Ada empat botol air mineral. Ini sebagai antisipasi (dehidrasi) di tengah cuaca yang panas,” tambah Sri.

Ada 52 maktab yang akan ditempati jemaah haji Indonesia saat wukuf di Padang Arafah. Setiap maktab, lanjut dia, akan disediakan 101 water fan (kipas angin yang menyemburkan air) untuk dapat menyejukkan ruangan dalam tenda.

“Selain itu, juga akan disediakan termos oranye yang berisi es batu. Ini merupakan permintaan dari Kementerian Kesehatan sebagai antisipasi jemaah dalam menghadapi cuaca ekstrem,” jelas Sri.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah mengajukan penyediaan ambulans di titik-titik yang menjadi tempat rawan bagi kesehatan jemaah. Sebab pada saat wukuf, kesehatan para jemaah yang berisiko tinggi dikhawatirkan mengalami masalah lantaran diterpa cuaca terik.

“Tahun ini, Alhamdulillah ambulans tersebut disediakan di tempat yang rawan,” ucap Sri.

Sedangkan untuk transportasi, jemaah yang berangkat ke Arafah akan menggunakan bus. Ada tiga trip bus tersebut, yaitu pagi, siang dan sore.

Namun yang tak kalah penting, dia memastikan kualitas tenda di Arafah lebih baik dari tahun sebelumnya. Tenda-tenda tersebut tak mudah roboh saat diterpa angin kencang. (hisyam/azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here