Pemerintah Indonesia Usahakan Agar Jamaah Haji Tidak Terjebak Macet Jelang Wukuf di Arafah

0
183
Ilustrasi jamaah haji
Ilustrasi jamaah haji

MEKKAH (fokusislam) – Saat menjelang wukuf atau puncak haji, kemacetan lalu lintas di kota Mekkah Arab Saudi tak bisa di hindari. Karena dalam satu waktu dan tempat, jemaah haji dari seluruh dunia akan menuju pada satu titik yakni Padang Arafah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi Subkhan Chalid mengungkapkan akan menyediakan 21 unit bus pada setiap maktab. Bus angkutan ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) itu akan terus bolak-bolik mengangkut jemaah.

“10 Armada bertipe jenis city bus berkapasitas antara 70-80 orang. Sisanya, bus bertipe antarkota berkapasitas 45-49 orang,” ujar Subkhan di Mekah, Jumat (2/9/2016).

Subkhan menjelaskan bahwa keberangkatan bus terbagi dalam tiga waktu. Pertama pukul 07.00-11.30 WAS. Kemudian, tahap kedua pukul 13.00 sampai 16.00 WAS. Sesi terakhir pukul 16.00 sampai 00.00 WAS atau sampai seluruh jemaah terangkut semua ke Arafah, demikian seperti yang dikutip dari liputan6.com

“Masing-masing maktab akan melakukan qur’ah atau undian terhadap kloter-kloter yang ada dalam pengelolaannya, 7-8 kloter itu mana yang akan berangkat pagi, siang dan sore. Kami mohon juga kepada para ketua sektor untuk memantau pelaksanaan qurah dan memastikan kepada jemaah mematuhi jadwal itu,” jelas Subkhan.

Untuk itu, jemaah diminta untuk dapat mematuhi jadwal yang sudah ditetapkan. Sikap itu sangat penting agar jemaah tidak menunggu di luar terlebih dahulu di tengah panasnya cuaca.

“Jadi pastikan jadwalnya, pastikan busnya datang baru kemudian turun naik bus. Jangan kemudian berangkatnya sore, subuh sudah pakai ihram dan sudah turun di jalan-jalan, itu nanti cuacanya panas,” tegas Subkhan.

Demi kelancaran angkutan, ia meminta para seluruh petugas, baik petugas kloter maupun petugas PPIH yang ada di tenda-tenda di Arafah untuk memperhatikan jadwal pergerakan jamaah.”Nanti di setiap tenda maktab akan ada ruang khusus semacam halte,” tutupnya. (hisyam/azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here