Berapa Jumlah Kamera Pengawas Yang Digunakan Selama Musim Haji 2016?

0
245

MEKKAH (fokusislam) – Musim pelaksanaan ibadah haji 1437 H / 2016 M telah selesai. Para jamaah dari berbagai negara telah merampungkan semua kegiatan manasik haji. Kini, tiba saatnya bagi mereka untuk mempersiapkan diri kembali ke negaranya masing-masing.

Musim ibadah haji tahun ini terbilang sukses dan tidak ada kendala yang berarti. Hal itu juga disampaikan oleh ratusan ulama dunia serta kesaksian dari para jamaah haji sendiri.

Baca : Iran Tuding Penyelenggaraan Haji Tak Becus, Ratusan Ulama Dunia Justru Puji Arab Saudi

Baca : Jamaah Haji Iran Ramai-Ramai Puji Arab Saudi Atas Sambutan dan Pelayanan Ibadah Haji

Di balik suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, ternyata ada beberapa hal yang bisa dikatakan turut membantu. Selain perhatian langsung yang diberikan Raja Salman, para ulama yang ikut mengarahkan, ribuan petugas –askar- yang disiagakan, teknologi juga memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya.

Diantaranya adalah 1200 kamera pengawas yang disediakan di sekitar Masjidil Haram. Jumlah yang terhitung cukup banyak untuk mengawasi pergerakan sekitar 2  juta jamaah haji.

“Kami memiliki teknologi yang mungkin tidak banyak dimiliki negara-negara lain. Semua koridor dan halaman di Masjidil Haram, bisa kami ikuti melalui kamera yang tersebar di berbagai sudut,” kata pimpinan khusus pelaksanaan ibadah haji, Mayjen Mohammad bin Wash Al-Ahmadi yang dikutip dari alarabiya, Kamis (15/9/2016).

Kamera-kamera ini bertugas sepanjang 24 jam dan diteruskan melalui monitor yang terkumpul di ruang khusus. Tak heran dengan berbagai atribut tersebut, para jamaah haji bisa melakukan rukun islam yang kelima ini dengan penuh kekhusyuan. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here