Malaysia Kritik Myanmar Secara Terbuka ; Kekerasan Terhadap Rohingya Sama Saja Dengan Pembersihan Etnis

0
142
PM Malaysia Najib Razak
PM Malaysia Najib Razak

KUALA LUMPUR (fokusislam) – Pemerintah Myanmar melalui Kementerian Luar Negeri mengeluarkan pernyataan terbuka mengkritisi pemerintah Myanmar terkait dengan warga Rohingya. Malaysia menyatakan bahwa kekerasan dan pembunuhan yang menimpa etnis minoritas Muslim Rohingya di Myanmar selama ini merupakan tindakan “pemusnahan etnis.”

“Faktanya bahwa hanya satu etnis tertentu yang sedang didorong keluar [di Myanmar] dapat didefinisikan sebagai pemusnahan etnis,” kata Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Menurut Kemenlu Malaysia, masalah Rohingya ini akan menjadi besar dan mengganggu keamanan kawasan Asia Tenggara.

“Praktik kekerasan ini harus segera dihentikan untuk mengembalikan keamanan dan stabilitas kawasan Asia Tenggara,” tulis Kemlu Malaysia yang dikutip dari CNN, Senin (5/12/2016)

Malaysia sebelumnya memang telah melayangkan protes keras terhadap kekerasan yang terus mendera etnis Muslim di Myanmar, khususnya etnis Rohingya.

Sebagai bentuk protes terhadap Myanmar, Negeri Jiran juga menggelar aksi unjuk rasa solidaritas membela etnis Muslim Rohingya pada Ahad (4/12/2016) kemarin yang bahkan dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

Kabinet Malaysia juga telah mengeluarkan pernyataan yang mengecam pembunuhan sistematis etnis Rohingya di Myanmar. Malaysia juga telah memanggil Duta Besar Myanmar untuk Malaysia terkait hal ini.

Kritik kuat seperti ini jarang terjadi di antara negara ASEAN yang memiliki kebijakan non-intervensi sesama anggotanya. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here