Pojok Indonesia di Masjid Nabawi

0
653
suasana buka puasa bersama, foto : S Abu Hijroh
suasana buka puasa bersama, foto : S Abu Hijroh

Oleh : S Abu Hijroh

Hidangan teh indonesia dan kurma sukari,  kurma  segar khas madinah, roti canai menghiasai salah satu pojok mesjid Nabawi di kota Madinah al Munawarah, persisnya di belakang pintu 19. Pintu 19 dikenal sebagai tempat kajian berbahasa indonesia yang diisi oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh study program Strata 3 (doktoral) di  Universitas Islam Madinah  dan mendapatkan kehormatan mengajar di Mesjid Nabawi  kota Madinah.

Untuk diketahui, diantara para ustadz yang mendapat kehormatan mengajar di masjid Nabawi sangat sedikit sekali dan bisa dihitung dengan jari. Atau meminjam istilah yang umum di kalangan mahasiswa madinah, sedikit sekali para ustadz Indonesia yang mendapatkan “kursi”.

Bagi anda yang sedang melaksanakan ibadah umroh ataupun haji dan sedang berada di kota Nabi Madinah silahkan mampir di pojok tersebut, khususnya pada hari Senin dan Kamis. Para mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Universitas Islam Madinah atau yang dikenal al Jami’ah setiap senin dan kamis melakukan ibadah puasa sunnah senin, atau juga melakukan puasa ayyamul bidh yakni  13, 14, 15 setiap bulan hijriyah.

Dan di pojok inilah mereka berkumpul untuk buka puasa bersama yang hal ini jga menjadi  tradisi penduduk madinah di pojok yang lain di dalam mesjid yang memiliki keutamaan ini

Selain itu, di tempat ini juga sekaligus  sebagai ajang silaturrahim para ahlul ilmi putera terbaik indonesia yang mendapat kehormatan mendapat beasiswa dari pemerintah Saudia Arabia,  Strata1, Strata 2 (master), dan  Strata 3 (Doktor) di salah satu perguruan tinggi Islam ternama di dunia ini

Indahnya berkumpul bersama ahlul ilmi di mesjid yang memiliki keutamaan, di kota Nabi yang memiliki keutamaan, di tempat dimana hidup Rasul yang mulia Muhamad shallallahu ‘alaihi wasallam, semoga sholawat dan salam dicurahkan kepada beliau, keluarga dan sahabat, para penerus risalah beliau sampai akhir zaman dan semoga pula kita termasuk yang  mendapat syafaat di yaumil akhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here