Kaleidoskop 2016 ; Berita Internasional Fokus Islam

0
129
Tempat kejadian penembakan Syaikh Aidh Al-Qarni
Tempat kejadian penembakan Syaikh Aidh Al-Qarni

JAKARTA (fokusislam) – Selama tahun 2016 ini, banyak insiden-insiden penting yang terjadi di dunia. Redaksi Fokus Islam berusaha mengingatkan kembali para pembaca ringkasan dari kejadian-kejadian besar di dunia yang terjadi dan pernah dimuat di situs berita tercinta ini.

Apa sajakah peristiwa-peristiwa yang terjadi?. Berikut ulasannya :

Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomasi dengan Iran

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengumumkan bahwa Arab Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran pada Ahad (03/01) malam. hal itu dilakukan setelah demonstran Iran menyerbu kedutaan besar Arab Saudi di Teheran dan membakarnya.

Dalam keterangan pers, Adel al-Jubeir mengatakan pemerintahnya tidak akan membiarkan Iran “mengganggu keamanan dalam negeri” Saudi.

Baca : Kedubes Arab Saudi di Iran Dibakar, Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

Menanggapi sikap tegas Arab Saudi, Imam dan Khatib Masjidil Haram, Syaikh Abdurrahman As-Sudais memuji langkah berani tersebut.

“Sudah seyogyanya pihak Kerajaan mengambil keputusan ini, dan harus terus berlanjut sehingga orang yang berbuat dzalim dan menebar permusuhan bisa berhenti dari tindak-tanduknya. Serta demi menciptakan keamanan bersama,” kata Syaih As-Sudais seperti dikutip dari sabq, Senin (4/1/2016).

Syaikh As-Sudais juga menyebut bahwa upaya Iran dalam memusuhi Arab Saudi merupakan ancaman berbahaya. Hal ini dikarenakan Iran memiliki ambisi untuk menguasai kawasan Timur Tengah.

Baca : Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran, Ini Kata Imam Masjidil Haram

Syaikh Aidh Al-Qarni, Penulis Buku Laa Tahzan Ditembak Penganut Syiah di Filipina

Penulis buku mega best seller Laa Tahzan, Syaikh Aidh Al-Qarni ditembak orang tak dikenal dalam lawatannya ke kota Zamboanga Filipina. Syaikh Al-Qarni yang juga da’i terkenal Arab Saudi mendapatkan tembakan di tangan pada Selasa malam (1/3/2016).

Baca : Insiden Syaikh Aidh Al-Qarni Ditembak, Dubes Arab Saudi untuk Filipina : Syaikh Al-Qarni Baik-Baik Saja

Belakangan teka-teki tentang siapa yang melakukan penembakan terhadap Syaikh Dr Aidh Al-Qarni akhirnya terungkap. Syaikh Al-Qarni menyebut dengan jelas bahwa pelaku penembakan adalah seorang syiah Rafidhah yang tengah mengunjungi Markaz Iran di Zamboanga.

Baca : Syaikh Aidh Al-Qarni : Yang Melakukan Penembakan Terhadapku di Filipina Adalah Seorang Syiah Rafidhah

Meninggalnya Imam Masjid Nabawi dan Adik Syaikh Utsaimin

Berita duka datang dari kota Nabi. Imam dan Khatib Masjid Nabawi, Syaikh Muhammad Ayyub meninggal dunia pada Sabtu subuh waktu setempat.

Kabar meninggalnya Syaikh Muhammad Ayyub dibenarkan oleh anak beliau. Dalam akun twitternya disebutkan “Telah meninggal dunia ayah kami, Syaikh Muhammad Ayyub. Dishalatkan insya Allah selepas dhuhur”.

Dalam prosesi penguburannya, puluhan ribu kaum muslimin ikut mengantar jenazah ke pekuburan Baqi’, tempat para sahabat dan para ulama dikuburkan.

Baca : Imam Masjid Nabawi Meninggal Dunia, Puluhan Ribu Orang Antar Jenazahnya ke Baqi’ (Foto)

Dua pekan berikutnya, kabar duku kembali datang dari tanah Saudi.  Kali ini, pakar sejarah dan sastrawan Arab Saudi, Syaikh Abdullah bin Shalih Al-Utsaimin yang telah berpulang ke rahmatullah.

Syaikh Abdullah bin Shalih Al-Utsaimin, merupakan saudara kandung dari ulama besar Arab Saudi, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Lahir pada tahun 1355 H/ 1936 M di Unaizah, Syaikh Abdullah Al-Utsaimin mengambil disiplin ilmu sejarah dan juga sastra arab. Jenjang sarjana beliau dapatkan di Universitas King Saud.

Baca : Syaikh Abdullah Al-Utsaimin, Pakar Sejarah dan Sastrawan Arab Saudi Meninggal Dunia

Jamaah Haji Iran Tak Berhaji Tahun Ini

Pemerintah Arab Saudi, melalui Kementrian Haji dan Umrah telah memberikan sambutan bagi para jamaah yang akan menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

“Kami menyambut semua jamaah dari seluruh dunia dan dari semua bangsa dan latar belakang,” demikian disampaikan Kementerian Haji Saudi seperti diberitakan alarabiya, Jumat (13/5/2016).

Pernyataan tersebut kemudian ditambahkan bahwa ada satu negara yang kemungkinan tidak bisa mengikuti pelaksanaan haji. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyebut bahwa negara tersebut adalah Iran.

Baca : Jamaah Haji Iran Tidak Bisa Berhaji Tahun Ini, Benarkah?

Usut punya usut, ternyata Iran sendiri yang mengambil keputusan tersebut.

“Utusan dari Iran telah mendatangi kami dan kami telah menjamu mereka. Kemudian, bersama-sama kami menggelar pertemuan selama dua hari pada tanggal 18-19 Sya’ban 1437 H (25-26 Mei 2016). Pertemuan dua belah pihak menghabisakan banyak waktu untuk membicarakan dan memberikan kemudahan bagi jamaah haji asal Iran,” bunyi pernyataan Arab Saudi.

Sayangnya, pada hari Jumat pagi, utusan dari Iran meninggalkan Arab Saudi dan kembali ke negara mereka tanpa menandatangani kesepakatan yang sudah disiapkan.

Baca : Ini Penjelasan Resmi Arab Saudi Terkait Tidak Adanya Jamaah Haji Iran Tahun Ini

Meninggalnya Petinju Muslim, Muhammad Ali

Ikon tinju dunia, Muhammad Ali meninggal dunia  pada Jumat (3/6/2016). Hal ini disampaikan oleh juru bicara keluarga Bob Gunnell dalam sebuah pernyataan.

“Setelah 32 tahun berjuang melawan penyakin Parkinson, Muhammad Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun,” kata kata Gunnell seperti dikutip kantor berita AFP.

Baca : Muhammad Ali, Petinju Muslim Penyeru Kebaikan dan Perdamaian Telah Tiada

Penghujung Ramadhan, Kota Madinah Diguncang Bom

Ledakan yang terjadi di kota Madinah mengejutkan sekaligus melukai hati umat Islam. Pasalnya, ledakan yang diduga bom tersebut meledak di Kota Nabi dan di malam terakhir dari bulan suci Ramadhan.

Para ulama, diantaranya Imam Masjidil Haram, Syaikh Abdurrahman As-Sudais dalam laman facebooknya membagikan sebuah poster bertuliskan : “Mereka melukai hati-hati kami lewat dirimu wahai Kota Rasul –shallallahu ‘alaihi wasallam-. Semoga Allah melukai hati-hati mereka dan membalaskan tipu daya mereka melalui leher-leher mereka sendiri. Ya Allah, jagalah dua negeri suci kami”.

Baca : Ini Kata Para Ulama Terkait Bom Madinah

Turki Digoyang Kudeta

Upaya kudeta yang dilakukan oleh salah satu faksi militer di Turki berhasil digagalkan. Ratusan tentara yang melakukan upaya kudeta pun berhasil ditangkap.

Presiden Erdogan sendiri berhasil keluar dari situasi mencekam. Erdogan kini sudah diamankan dan tiba di Bandara Internasional Attaturk, Istanbul, Sabtu (16/7/2016).

Baca : Kudeta Gagal, Presiden Erdogan Berhasil Selamat

Imam dan Khatib Masjidil Haram, Syaikh Abdurrahman  As-Sudais kemudian ikut menyampaikan komentarnya. Melalui akun jejaring sosialnya, Qari yang suaranya begitu mendunia ini mendoakan kebaikan untuk para pemimpin Turki.

Syaikh As-Sudais juga mendoakan agar kaum muslimin di Turki mendapati rasa aman dan tenteram meskipun diguncang kudeta.

“Ya Allah turunkanlah rasa aman dan ketenteraman untuk seluruh warga kami di Turki,” tulis Syaikh As-Sudais.

Baca : Turki Digoyang Kudeta, Ini Doa Imam Masjidil Haram

Viralnya Foto Omran, Bocah Aleppo Yang Berdarah-Darah

Duduk dalam diam, dengan darah mengalir di dahi dan kepalanya. Debu menutupi hampir sekujur tubuhnya. Dunia kembali bergetar.

Namanya Omran Daqnesh, bocah 5 tahun asal Aleppo. Foto bocah lelaki Suriah ini menggemparkan dunia beberapa hari belakangan. Omran, hanyalah satu dari ribuan bahkan jutaan anak-anak Suriah yang menderita karena krisis di negaranya.

Baca : Omran, Bocah 5 Tahun Asal Aleppo Yang Berdarah-Darah dan Menjadi Viral di Dunia

Koalisi Militer Arab Saudi Jaga Yaman dari Pemberontak Syiah Hutsi

Pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok syiah Hutsi membuat Yaman tercabik-cabik. Arab Saudi beserta beberapa negara kemudian mebuat koalisi miiter untuk menjaga kedaulatan Yaman dari gempuran pemberontak.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, agar Yaman jangan sampai dikuasai oleh kelompok pemberontak Hutsi yang didukung oleh Iran.

Baca : Menlu Arab Saudi : Kami Akan Mempertahankan Pemerintah Yaman Dari Pemberontak Hutsi

Kelompok Hutsi Yaman Luncurkan Bom Untuk Hancurkan Ka’bah

Kejahatan kelompok syiah kembali terjadi. Kali ini, kelompok syiah mentargetkan untuk menghancurkan tempat paling suci milik umat Islam, Mekkah Al-Mukarramah.

Kantor berita Arab Saudi, SPA, melaporkan bahwa rudal itu berhasil dihancurkan pada Kamis (27/10) sekitar 65 kilometer menuju kota Mekkah. Beruntung, atas izin Allah, rudal tersebut berhasil diintersepsi dan dihancurkan oleh Koalisi Militer pimpinan Arab Saudi.

Baca : Inna Lillahi, Kelompok Syiah Hutsi Yaman Luncurkan Rudal untuk Hancurkan Mekkah

Duka Muslim Rohingya

Kepala badan urusan pengungsi PBB (UNHCR) John McKissick mengatakan militer Myanmar telah menindas komunitas muslim Rohingnya dengan tindakan ekstrim. Tindakan itu bahkan dikategorikan PBB sebagai pembersihan etnis.

Di kamp pengungsian Cox, Bangladesh, yang berbatasan dengan Myanmar, McKissick berkata bahwa tentara Myanmar  bertindak sudah di luar batas.

“Mereka membunuhi para lelaki, menembaki mereka, membantai anak-anak, memperkosa para wanita, membakar dan menjarah rumah-rumah, memaksa orang-orang ini (Rohingya) menyeberangi sungai untuk masuk ke Bangladesh,” kata McKissick

Baca : Badan Pengungsi PBB : Militer Myanmar Menembak, Membunuh dan Memperkosa Warga Rohingya

Militer Myanmar berkali-kali membantah. Namun kelompok pegiat kemanusiaan, Human Rights Watch (HRW) mematahkan bantahan militer Myanmar. HRW merilis gambar citra satelit yang menampilkan kondisi desa-desa di Rakhine, Myanmar. Berdasarkan citra satelit yang dirilis, terbukti  adanya pembakaran dan penghancuran desa-desa yang dihuni kaum muslim pada Oktober 2016 lalu.

Baca : Berdasarkan Citra Satelit, Desa-Desa Muslim di Myanmar Terbukti Dibakar dan Dihancurkan

Aleppo Luluh Lantak dan Dikuasai Rezim Diktator Suriah

Akhir tahun 2016, kabar duka datang dari Aleppo. Setelah bertahun-tahun berada dalam genggaman kelompok mujahidin, Aleppo berhasil digempur oleh pemerintah Rusia yang dibantu sekutu komunisnya, Rusia. Serangan udara dan darat yang bertubi-tubi membuat Aleppo akhirnya terjatuh.

Demikian ringkasan berita-berita internasional yang pernah dimuat di situs Fokus Islam. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here