Diduga Melakukan Penipuan dan Suap, PM Israel Akan Segera Diperiksa

0
69

TEL AVIV (fokusislam) – Dua kasus berbeda, yaitu suap dan penipuan yang diduga melibatkan PM Israel Benjamin netanyahu akan segera dibuka penyelidikannya. Hal itu disampaikan oleh Jaksa Agung Israel dan perintahnya telah disampaikan ke polisi.

Juru bicara Kementerian Kehakiman Israel mengatakan rencana ini masih dalam proses, dan pihaknya belum bisa mengonfirmasi rencana penyelidikan yang melibatkan orang nomor satu di negara itu.

“Jaksa umum, polisi, dan tim penyelidik bekerja sama [terkait penyelidikan ini]. Kepastian resmi terkait penyelidikan akan diumumkan secara publik pada waktunya,” ucap juru bicara Kementerian Kehakiman Israel yang dikutip dari CNN, Kamis (29/12/2016).

Dikutip dari Times of Israel, Jaksa Agung Avichai Mandelblit dikabarkan menyetujui penyelidikan penuh atas dua kasus kriminal yang melibatkan Netanyahu ini.

Mandelblit dikabarkan telah menginstruksikan jaksa penuntut umum untuk memeriksa kebenaran bahwa Netanyahu telah menerima uang sebesar 1 juta euro dari terdakwa penipuan asal Perancis, Arnaud Mimran pada 2009.

Selain itu, penyelidikan ini juga dilakukan terkait peran Netanyahu dalam kesepakatan pembelian kapal selam dari sebuah perusahaan Jerman oleh Kementerian Pertahanan.

Netanyahu dituding dipengaruhi penasihat pribadinya David Simron yang memiliki ikatan bisnis dengan pabrik pembuat kapal selam, ThyssenKrupp.

Ketika itu, meski pembelian kapal selam ditentang sebagian besar pejabat kemhan, termasuk mantan Menhan Moshe Ya’alon, Netanyahu tetap menyetujui pembelian alutsista tersebut.

Netanyahu akan diselidiki dan diperiksa polisi dalam beberapa hari ke depan. Dilaporkan Times of Israel, Kementerian Kehakiman enggan berkomentar mengenai pemeriksaan Netanyahu ini. Reuters juga menyebut hingga kini belum ada respons dari kantor Netanyahu terkait laporan itu. (azman)

LEAVE A REPLY