Menag Tiba di Saudi Untuk Tanda Tangan MoU Haji

0
118
Menag Lukman disambut Dubes RI Agus Maftuh di Bandara Jeddah.
Menag Lukman disambut Dubes RI Agus Maftuh di Bandara Jeddah.

JEDDAH (fokusislam) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertolak Arab Saudi, Selasa siang (3/1/2017) dan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz sekitar pukul 20.45 waktu Arab Saudi. Kedatangan Menag disambut Duta Besar Agus Maftuh Abegebriel dan Konsul Jenderal RI Muhammad Hery Saipudin.

Kedatangan Menag ke Arab Saudi berkaitan dengan pengecekan persiapan awal penyelenggaraan ibadah haji. Selain itu, Menag juga akan bertemu dengan otoritas di sana untuk menandatangani MoU haji atau yang dikenal dengan Taklimatul Hajj.

“Indonesia tahun ini mendapat kehormatan sebagai negara pertama yang akan menandatangani MoU Haji 1438H/2017M,” kata Menag yang dikutip dari situs resmi kemanag.go.id, Rabu (4/1/2017).

Staf Teknis Satu Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Basori mengatakan, berdasarkan jadwal dari pihak KHU Saudi, penandatanganan MoU akan dilakukan Rabu, 4 Januari, pukul 13.00-14.00 (WAS). Jika ada point-point yang diusulkan oleh Indonesia, maka hal itu akan dibahas bersama terlebih dahulu sebelum dilakukan penandatanganan.

Menurut Dumyathi, Kementerian Agama akan memperjuangkan beberapa poin penting bagi perbaikan layanan kepada jemaah haji Indonesia. Point-point tersebut antara lain: penambahan kuota, perbaikan tenda Arafah, perbaikan penempatan jemaah di Mina, dan perbaikan kualitas toilet di Mina.

Selain melakukan penandatanganan MoU, selama di Saudi, Menag juga dijadwalkan melakukan pemantauan proses penyiapaan akomodasi dan transportasi jemaah haji. Menag juga akan memimpin rapat koordinasi dengan tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah serta KUHI KJRI Jeddah terkait persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2017. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here