Meskipun Banyak Bukti Terungkap, Komisi Myanmar Tetap Bantah Ada Genosida Etnis Muslim Rohingya

0
54

YANGOON (fokusislam) – Bukti-bukti yang diungkap banyak lembaga independen menyebut bahwa ada upaya tersistem untuk menghabisi warga muslim minoritas Rohingya di Myanmar. Bukti yang diungkap berupa video dan juga citra satelit, serta kesaksian dari para warga Rohingya.

Meskipun begitu, pemerintah Myanmar tetap bersikukuh membantah tuduhan tersebut. Melalui Komisi Penyelidik Negara Bagian Rakhine yang sengaja dibentuk,  pemerintah Myanmar menyimpulkan bahwa sejauh ini mereka tidak menemukan bukti yang menunjukkan terjadinya genosida atau pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap kelompok minoritas Rohingya.

Dikutip dari BBC, Kamis (5/1/2017), Komisi Penyelidik tidak menyinggung sama sekali tuduhan-tuduhan bahwa pasukan keamanan membunuh penduduk sipil sebagai tindakan balasan atas serangan militan Rohingya terhadap penjaga pos perbatasan.

Laporan sementara ini muncul dua hari setelah pemerintah Myanmar menyatakan akan menyelidiki rekaman video yang menunjukkan dugaan pemukulan orang-orang Rohingya oleh anggota polisi.

Dalam laporan sementara juga, Komisi menyatakan dalam penyelidikan lapangan mereka tidak menemukan cukup bukti yang menunjukkan adanya pemerkosaan meluas sebagaimana diklaim sebelumnya.

Padahal Lembaga Dunia seperti Human Right Watch (HRW) dan Amnesty International terbukti bahwa warga Rohingya diburu dan ditembaki oleh militer Myanmar. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here