Kabar Duka, Ulama Hadits Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq Meninggal Dunia

0
368
Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq
Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq

SANAA (fokusislam) – Kabar duka kembali menimpa kaum muslimin. Syaikh Shubhi Hasan Hallaq, salah seorang ulama pembela sunnah Nabi telah berpulang ke rahmatullah, Sabtu (7/12/2017).

Kabar ini beredar luas di berbagai forum ilmiyah seperti ahlalhadeeth, alukah, fiqhweb dan juga sahab. Berbagai ucapan belasungkawa pun disampaikan oleh orang-orang yang mengenal beliau, termasuk dari gurunya sendiri yaitu Syaikh Muhammad bin Ismail Al-Imrani.

“Semoga Allah memberikan rahmat yang luas kepada Syaikh Muhammad Shubhi dan menempatkannya di surga-Nya,” tulis Syaikh Muhammad bin Ismail Al-Imrani yang dikutip dari forum fiqhweb, Sabtu (7/1/2017).

Nama Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq dikenal oleh para penuntut ilmu karena perannya dalam menjaga warisan keilmuan dalam agama Islam. Salah satu karya paling terkenalnya adalah Tahqiq-nya terhadap seluruh tulisan dari Al-Imam As-Syaukani.

Tahqiq sendiri adalah istilah yang biasa digunakan ketika seorang ulama memeriksa secara seksama dan mendetil sebuah karya ulama terdahulu yang masih berupa Makhthuthat atau manuskrip sebelum kemudian dicetak ulang dan diperbanyak.

salah satu karya Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq
salah satu karya Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq

Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq juga men-tahqiq karya dari ulama Yaman lainnya yaitu Syaikh As-Shan’ani. Selain men-tahqiq, tidak sedikit juga karya tulisan beliau yang lainnya.

Syaikh Muhammad Shubhi Hasan Hallaq meninggal dalam usia 63 tahun di Sana’a. Semoga Allah memberikan ampunan dan rahmat-Nya, serta menempatkan beliau di surga-Nya yang luas. Amin (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here