Pasar Syariah, Impian yang Terus Diupayakan

0
244

Oleh: Adhit Tobing*

Secara sederhana, pasar yang syariah ya pasar yang didalamnya diterapkan nilai-nilai dan aturan syariat Islam. Dari cara bertransaksi dan segala macam interaksi yang ada didalamnya. Pasar ini harus bebas riba, bebas kecurangan timbangan, bebas tipu muslihat sekaligus hanya menjual barang-barang yang halal dan baik.

Mafhum bagi kita bahwa pasar adalah tempat terjelek di muka bumi. Namun, tidak lantas ia dilepas pada hukum rimba. Allah dengan syariatnya mengatur dengat sangat terperinci kehidupan kita dari Masjid hingga pasar. Dari sholat hingga jual beli. Telah sempurna agama ini. Namun hari ini, ketika kita datang kepasar baik itu mall (pasar modern) maupun pasar tradisional maka kita bisa menyaksikan betapa panji-panji setan benar-benar berkibar dan berjaya hingga seperti tak ada ruang kebaikan didalamnya.

Riba merajalela. Para rente menyapu habis semua pedagang pasar. Tidak ada satu pedagang pun yang masuk jerat riba, kecuali akan berakhir binasa. Cobalah sekali waktu, ketika datang ke pasar tradisional sempat kan untuk ngobrol dan bertanya seberapa banyak rentenir masuk setiap hari ke pasar tersebut. Semoga tidak dijawab, ratusan.

Disebutkan dalam sebuah atsar bahwa khalifah Umar bin Khattab Radhiyallahu’anhu ketika mendatangi sebuah pasar beliau berkata kepada para pedagang, “Jangan berjualan di pasar ini para pedagang yang tidak mengerti dien (muamalat)”. Begitulah pasar yang syariah, dia diatur. Dipastikan sedemikan rupa muamalah yang berlaku didalamnya. Termasuk, apakah pedagangnnya mengerti agama atau tidak. Karena bila pedagangnya tidak mengerti dien, maka mereka akan terjerumus kepada riba dan akad-akad batil lainnya.

Maka yang harus kita lakukan hari ini adalah berupaya menuju pasar yang syariah. Berupaya mendorong agar para pedagang muslim mengerti diin. Mengerti ilmu muamalah maaliyah. mengerti ilmu dagang sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Salah satu langkah yang hari ini kami lakukan adalah mengadakan event BURSA MUSLIM BEKASI ISLAMIC EXPO 2017. Upaya kecil ini, kami lakukan sebagai bentuk nyata demi terwujudnya sebuah pasar yang syariah.

Yang sangat menarik dari event ini adalah Stan dibagi per cluster berdasarkan jenis akad. Dengan begitu pengunjung bisa sambil belajar dan mengidentifikasi jenis transaksi yang ada di tiap cluster. Sebut saja misalnya, Akad lisan dan tindakan. pada cluster akad ini, di isi oleh pedagang makanan dan minuman. Atau Cluster Akad Tunai dengan tawar menawar yang pengisi stannya adalah para pedagang kelontong, pakaian atau pedagang herbal. Dan beberap jenis akad lainnya seperti, Murabahah Cicilan/Kredit yang terdiri dari stan LKS/BMT, Koperasi, Bank, Dealer Kendaraan, Elektronik; Salam & Isthisna (Pesanan) yang terdiri dari Toko Online, Keagenanan, Distributor, Developer, Bengkel; serta Ijarah dan Campuran yang pengisi stannya adalah usaha Jasa-Jasa/Biro, Konsultan, dll.

Kegiatan akan berlangsung selama 4 hari. Dari tanggal 25 sampai dengan 28 Maret 2017 ǁ 26 – 29 Jumadil Akhir 1438 H dan bertempat di Gedung Guru Kab. Bekasi, Komplek Metland Tambun Jl. Kalimaya I Blok B Metland, Kec. Tambun Selatan – Bekasi. MasyaAllah, antusias kaum muslimin untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar. Ini terlihat dari jumlah stan yang terjual. Update dari panitia per 10 Februari 2017, untuk stan khusus makanan dan minuman yang terdiri dari 19 stan, sudah sold out. Dari total keseluruhan stan (69 stan), yang sudah di sewa lebih dari 50 %.  Segera hubungi tim kami 0857 7783 3594 (IKHWAN), 0822 9815 7559 (IKHWAN) dan 0813 9851 1932 (AKHWAT) atau lebih lengkap bisa di lihat di website kami, www.bekasiislamicexpo.com.

Harapan kami tak lain adalah teredukasinya kaum muslimin dengan akad-akad yang syar’i yang nanti akan dia terapkan dalam perniagaannya. Dan lain dari itu, kami berharap terbangun komunikasi antara para pengusaha muslim untuk kemudian bisa membangun aksi bersama yang mewujud dalam kekuatan berjamaah. Terakhir saya ingin sampaikan, bahwa ini tidak semata soal bisnis, ini adalah upaya untuk menegakkan syariat. Ini adalah bentuk nyata agar muslim bersatu dan membangun kekuatan bersama. Langkahkan kaki antum dan ajak teman serta saudara muslim lainnya untuk hadir sebagai bentuk dukungan bagi terwujudkan kehidupan yang syariah di pasar-pasar kaum muslimin.

*Panitia BURSA MUSLIM BEKASI ISLAMIC EXPO 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here