Ribuan Orang Hadiri Kajian “Tatkala Fitnah Melanda” Bersama Ustadz Syafiq Basalamah

0
510
Ribuan Orang Hadiri Kajian
Ribuan Orang Hadiri Kajian "Tatkala Fitnah Melanda" Bersama Ustadz Syafiq Basalamah

SIDOARJO (fokusislam) – Kajian Shubuh  dengan tema “Tatkala Fitnah Melanda” yang di adakan oleh Takmir Masjid Nida’ul Fitrah Sidoarjo sabtu (11/2/2017) menghadirkan Ustadz DR. Syafiq Basalamah di hadiri sekitar 1000 jamaah.

Sejak pukul 03.30 WiB  jamaah sudah berdatangan. Masjid  penuh dengan jamaah yang hadir sehingga tidak muat untuk menampung para jamaah. Akhirnya jamaah terpaksa sholat subuh dan duduk di halaman masjid bahkan sampai dipinggir jalan.

Selesai sholat subuh berjamaah, kajian langsung dimulai, Ustadz DR Syafiq Reza Basalamah menyampaikan bahwa, “Kalau kita membaca, melihat, menonton bahwa saat ini  kondisi ummat Islam di negeri-negeri Islam penuh dengan kekacauan, baik di level perorangan maupun level negara.”

Menurut Ustadz Syafiq, fitnah telah memakan korban, menghancurkan masyarakat dan mengucurkan darah-darah umat Islam.

“Fitnah itu adalah segala sesuatu yang menyibukkan kita dari ketaatan dan menjerumuskan ke dalam kemaksiatan”, kata Ustadz  Syafiq.

Fitnah, lanjut Ustadz Syafiq, akan  menyingkap karakter atau hakekat seseorang, sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al-Kabut ayat 1-3.

“Alif laam miim. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan,Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi ?.Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allâh mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya dia mengetahui orang-orang yang dusta,” Ustadz Syafiq menjelaskan.

Fitnah itu juga akan menyingkap kekufuran dan ketaatan sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Quran surat Al-Imran ayat 179.

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini , sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mu’min),“ Tambah Ustadz Syafiq.

Selanjutnya Ustadz SYafiq menerangkan bagaimana Sikap seorang muslim menghadapi fitnah tersebut. Ada lima sikap seorang Muslim yang harus dilakukan  tatkala fitnah melanda.

“Pertama,  Tetap beribadah dan beramal, artinya iIbadah itu adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan yang dicintai Allah,” lanjut Ustadz Syafiq.

Kedua, lanjut beliau, tidak terburu-buru mentakwilkan sesuatu yang tejadi dan jangan terburu-buru menyampaikan sesuatu.

“Sebagaimana dalam kisah Umar ketika wafatnya Rasulallah dan sikap Abu Bakar,” terang Ustadz Syafiq.

Ketiga, Ustadz Syafiq menegaskan harus kembali kepada Ulama, serahkan kepada Ahlinya, sebagaimana yang diterangkan dalam Al-Quran surat An-nisa ayat 83.

Jamaah pengajian hingga di luar masjid
Jamaah pengajian hingga di luar masjid

“Apabila datang kepada mereka suatu berita tentang kemenangan atau ketakutan, mereka menyiarkannya. Kalau saja mereka menyerahkannya kepada Rasul dan ulil amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya akan dapat mengetahuinya dari mereka (Rasul dan ulil amri). Kalau bukan karena karunia dan rahmat Allah kepada kalian, tentu kalian mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kalian),” papar Ustadz Syafiq.

Keempat, Ustadz Syafiq menjelaskan, jika seseorang tidak mendapatkan penjelasan yang jelas maka tidak perlu untuk ikut-ikutan. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

“Fitnah-fitnah itu akan diketahui kejahatannya jika sudah berlalu, adapun ketika fitnah itu datang, penuh dengan hal-hal yang indah, dan orang-orang mengira itu sebuah kebaikan. Ketika Bila sudah nampak, orang-orang akan merasakan pahit dari fitnah tersebut,” ujar Ustadz Syafiq menukil ucapan Ibnu Taimiyah yang tercantum pada kitab Minhajussunnah juz 4 halaman 409.

Yang kelima, Ustadz Syafiq menerangkan, setiap muslim harus selalu berdoa kepada Allah agar terhindar dari fitnah.

“Selalu berdoa, berlindung kepada Allah dari fitnah,” pungkas Ustadz Syafiq. (Hisyam/ibn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here