Perkuat Hubungan, Erdogan Kunjungi Arab Saudi Lagi

0
250

RIYADH (fokusislam) – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan kembali melakukan kunjungan kenegaraan terhadap Kerajaan Arab Saudi. Erdogan tiba di Riyadh pada Senin (13/2/2017) dan langsung disambut oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Alu Saud.

Kedatangan Erdogan ke Arab Saudi dalam rangka memperkuat hubungan bilateral kedua negara di bidang energi, perdagangan dan investasi. Selain itu, dibicarakan juga kondisi regional di kawasan Timur Tengah, khususnya dalam memerangi pemikiran dan kelompok terorisme.

Dalam salah satu pernyataannya, Erdogan menyebutkan peranan Arab Saudi yang begitu besar dalam menjaga keadaan dan stabilitas wilayah Timur Tengah.

“Kerjasama antara Kerajaan dan Turki saat ini lebih relevan serta penting dari sebelumnya, dengan mempertimbangkan tantangan regional dan global. Turki dan Saudi berbagi pandangan yang sama tentang isu-isu regional seperti Suriah, Irak dan Yaman, serta terorisme”, ujar Duta Besar Turki untuk Saudi, Yunus Demirer yang dikutip dari arabnews, Senin (13/2/2017).

Kunjungan Erdogan ini merupakan yang ketiga di masa jabatan Raja Salman. Arab-Saudi dan Turki dalam beberapa tahun ini semakin meningkatkan hubungan mereka. Salah satu yang menguatkan hubungan dua negara adalah krisis yang terjadi di Suriah, Yaman dan Irak. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here