Emir Qatar Akan Sumbang Rp 1,3 T Untuk Bantu Warga Gaza

0
93
Mahmud Abbas- Emir Qatar- Khalid Meshal
Mahmud Abbas- Emir Qatar- Khalid Meshal

GAZA (fokusislam) – Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani akan menyumbangkan uangnya untuk Gaza, Palestina, sebesar USD100 juta atau sekitar Rp1,3 triliun. Uang sumbangan itu akan digunakan untuk rekonstruksi di Gaza yang sedang mengalami kesulitan keuangan.

Sumbangan dari Qatar itu diungkap pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang pada bulan lalu bertemu dengan emir kaya raya itu di Doha.

Menurut Haniyeh, uang USD100 juta yang akan ditransfer untuk pembangunan Gaza itu bagian dari janji Emir Tamim pada 2014 yang akan menyumbangkan dananya hingga USD1 miliar atau sekitar Rp13,3 triliun untuk Gaza.

”Yang Mulia, Emir (Tamim bin Hamad Al Thani), setuju untuk deposit USD100 juta dana untuk pembangunan Gaza kembali,” ujar Haniyeh saat upacara untuk menandai selesainya tahap kedua dari proyek perumahan di Gaza selatan yang didanai Qatar, seperti dikutip dari Jerusalem Post, Senin (13/2/2017).

Wilayah Jalur Gaza hancur oleh invasi Israel pada tahun 2014. Kehancuran itu membuat Qatar tergerak untuk menolong Gaza. Untuk mengawasi rekonstruksi Qatar menugaskan perwakilan tetapnya di Palestina.

Haniyeh melanjutkan bahwa Emir Qatar juga setuju mendanai pembangunan jalur listrik kedua dari Israel ke Gaza dengan dana USD30 juta. Proyek itu diharapkan dapat memberikan tambahan listrik untuk warga Gaza hingga 100 megawatt.

Infrastruktur listrik Gaza saat ini memiliki kapasitas untuk menyediakan sekitar 225 megawatt bagi penduduknya. Jumlah itu masih kurang dari setengah total kebutuhan mereka.

Qatar selama ini tercatat sebagai salah satu sponsor terkuat Hamas.  Doha bahkan kerap menjadi tempat singgah Ketua Politbiro Hamas Khaled Mashaal. (azman/sindonews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here