Kajian The Rabbanians Tentang Ka’ab bin Malik Part 6 ; Ketika Mereka Harus Menjauhi Istri-Istri Mereka

0
180

JAKARTA (fokusislam) – Pada Kajian Kisah Ka’ab bin Malik, “Ketika Semua Berpaling” bagian ke-6 yang disampaikan Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, mengisahkan saat kedatangan utusan dari Raja Ghasan.  Ka’ab bin Malik sa’at itu berada pada titik nadir, dengan perasaan yang sedang tak menentu.

Dalam keadaan seperti itu, ia mendapatkan tawaran yang sangat menarik dari para utusan tersebut. Lalu, apa respon Ka’ab bin Malik?

Seperti yang dituturkan Ustadz Muhammad Nuzul, tawaran tersebut adalah ujian.  Ujian tidak hanya berbentuk musibah, tetapi bisa berupa kedudukan dan pujian.  Apalagi, saat itu, Ka’ab sedang tidak dipedulikan Nabi dan seluruh penduduk Madinah.

“Tetapi Ka’ab dengan tegar menolak tawaran tersebut dan membakar suratnya,” kata Ustadz Muhammad Nuzul.

Setalah 40 hari berlalu masa boikot tersebut, tiba-tiba ada utusan Rasullullah shallallahu ‘alaihi wasallam menemui Ka’ab.  Utusan tersebut mengatakan: “Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan padamu supaya engkau menjauhi isterimu.”

Ka’ab pun mengkonfirmasi kejelasan perintah tersebut:  “Apakah saya harus menceraikannya ataukah apa yang harus saya lakukan?” Utusah Rasullullah menjawab: “Tidak usah menceraikan, tetapi menyendirilah daripadanya, dan jangan sekali-kali engkau mendekatinya.”

Perintah menjauhi para istri pada 10 hari terakhir juga berlaku kepada kedua sahabat Ka’ab, Hilal dan Muroroh.  Dibalik perintah ini ada pelajaran yang sangat berharga.  Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri menuturkan dengan mengutip pendapat Ulama, bahwa Allah membimbing Ka’ab dan kedua sahabatnya agar meningkatkan konsentrasinya agar lulus dalam 10 hari terakhir menjelang berakhirnya masa ujian yang sudah dilaluinya selama 40 hari.

Banyak pelajaran lain yang bisa dipetik dalam kisah Ka’ab bin Malik bagian ke-6 ini.  Silakan simak pada link berikut ini.

(eri/azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here