PBB Hendak Sanksi Suriah Soal Bom Kimia, China dan Rusia Gunakan Hak Veto

0
115
salah satu serangan Rusia
salah satu serangan Rusia

NEW YORK (fokusislam) – Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB terkait penjatuhan sanksi terhadap rezim Suroah kembali batal. Adalah Rusia dan China yang menggunakan hak veto yang mereka miliki untuk membatalkan resolusi tersebut.

Dikutip dari Sindonews, Rabu (1/3/2017), ini adalah ketujuh kalinya Rusia menggunakan hak vetonya untuk melindungi rezim Damaskus. Cina telah mendukung Moskow dengan menggunakan hak vetonya enam kali terhadap Suriah.

Resolusi yang dirancang oleh Inggris, Prancis dan Amerika Serikat (AS) sendiri sejatinya mendapatkan dukungan dari sembilan anggota DK PBB, sementara tiga negara menentangnya yakni Bolivia, Cina dan Rusia. Sementara itu Mesir, Ethiopia dan Kazakhstan abstain.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya memperingatkan pemungutan suara untuk menjatuhkan sanksi terhadap Suriah adalah benar-benar tidak pantas, karena ini terjadi saat berlangsungnya pembicaraan damai di Jenewa.

Rusia juga berdalih bahwa alasan mereka mengeluarkan Veto adalah karena resolusi ini bisa berdampak buruk bagi kelanjutan negosiasi damai Suriah.

“Ini adalah kontra-konstruktif. Iklim akan negatif, bukan karena kita memveto itu, tapi karena resolusi ini diajukan,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov/

Sebelumnya, resolusi ini PBB akan menjatuhkan sanksi kepada 11 orang pejabat Suriah, mayoritas diantaranya adalah pejabat militer Suriah, dan 10 entitas terkait dengan serangan kimia pada tahun 2014 dan 2015 di negara tersebut. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here