Filipina Akan Kembangkan Pasar Halal di AS

0
60

WASHINGTON (fokusislam) – Kamar Dagang Halal AS mengadakan forum diskusi dengan menghadirkan delegasi Philippine Economic Zone Authority (PEZA) dan Daerah Otonomi Muslim Mindanao (ARMM). Diskusi yang berlangsung di Islamic Society of Area Washington (ISWA) ini berfokus pada peluang Filipina dalam memperluas akses dan peluang bisnis di pasar halal AS.

Diskusi ini mengusulkan agar segera ditandatanganinya Nota Kesepahaman anatara PEZA, ARMM dan Halal Kamar Dagang AS untuk membangun sinergi dan meresmikan kerjasama. Penandatanganan MoU ini direncanakan akan dilakukan pada International Halal Ecozones Summit di Davao City, Filipina Oktober mendatang.

“Saya percaya bahwa kerjasama ini akan berlanjut untuk memastikan pemberdayaan zona ekonomi dari Mindanao,” ujar  Direktur Jenderal PEZA Charito Plaza seperti dilansir filipinoreporter.us (4/4).

Sementara itu, Direktur Eksekutif ARMM-Regional Economic Zone Authority (ARMM-REZA) Aleem Siddiqui Guiapal, yang ikut memimpin delegasi juga mencatat empat bidang penting yang harus dikerjakan untuk mewujudkan kerjasama ini.

Ia menjelaskan, Filipina harus mengadopsi pendekatan pemerintah secara menyeluruh dalam rangka mencapai konsensus tentang persyaratan sertifikasi halal. Ia berharap tidak ada persayaratan yang membingungkan dan bertentangan dengan prinsip Islam maupun ilmu pengetahuan. Serta tidak menghabiskan biaya  mahal. Hal ini diperlukan untuk menjaga integritas sertifikat halal dan menjaga kepercayaan konsumen. Selain itu, keterbatasan akses informasi tentang pasar halal juga harus segera diatasi.

Gubernur ARMM Mujiv Hataman awal tahun ini juga secara resmi menyatakan Polloc Freeport dan ecozone di Parang, Maguindanao sebagai  hub halal. Menurutnya, pemerintah ARMM terus bekerja untuk membuka kemungkinan  pasar halal untuk wilayah serta bagi negara. (azman)

Sumber : Republika Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here