Referendum Turki : Yes Untuk Erdogan

0
111

ISTANBUL (fokusislam) – Turki telah melaksanakan referendum bersejarah untuk mengubah konsitusi dari sistem parlementer ke presidensial seperti yang diusulkan Presiden Erdogan dan partainya AKP, Ahad (16/4/2017). Referendum ini tak bisa dipungkiri merupakan perkembangan politik paling penting di negeri itu sejak Republik Turki berdiri pada 1923.

Hasil referendum seperti dilansir kantor berita Turki Anadolu Agency, YES menang dengan perolehan 51,41% melawan NO 48,59%. (Jumlah suara yang sudah dihitung 99,96%).

Dikutip dari BBC, Senin (17/4/2017),dengan kemenangan dalam referendum ini, Presiden akan mendapat wewenang besar dalam menunuk menteri, mengeluarkan dekrit, memilih hakim senior, dan membubarkan parlemen.

Dengan sistem yang baru, maka peran perdana menteri dicabut dan kekuasaan terpusat di tangan presiden, yang akan membawahi birokrasi negara.

Erdogan sendiri terpilih sebagai presiden pada Agustus 2014 lalu, dalam pemilihan langsung. Sebelumnya, lebih dari satu dekade ia menjabat sebagai perdana menteri. Konstitusi baru menyatakan, pemilihan presiden dan parlemen berikutnya akan diselenggarakan secara serentak.

Jika Erdogan menang, ia memiliki jangka waktu lima tahun untuk menjadi presiden dengan maksimal dua periode. Dengan demikian, Erdogan bisa tetap berkuasa selama dua periode sampai 2029. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here