Unik, Presiden Austria Minta Agar Semua Perempuan Gunakan Hijab

0
480
Presiden Austria
Presiden Austria

WINA (fokusislam) – Presiden Austria ke-12, Alexander Van der Bellen, menyarankan agar suatu hari nanti semua wanita harus mengenakan jilbab demi melawan Islamophobia. Hal ini diserukan demi solidaritas terhadap perempuan muslim apabila Islamophobia terus berlanjut.

Pesan presiden yang baru dilantik pada Januari lalu itu diutarakan kepada para siswa sekolah di House of the European Union di Wina pada 24 Maret lalu.

“Jika islamofobia terus menyebar, hari akan tiba ketika kita harus meminta semua wanita memakai jilbab, semua sebagai solidaritas dengan mereka (yang memakai jilbab) karena alasan agama,” kata Van der Bellen yang dikutip dari Independent, Sabtu (29/4/2017).

Reaksi yang timbul pun beragam adanya. Kelompok kanan Eropa telah mengkritiknya dan menuduhnya mendukung hak perempuan Muslim. Namun, di sisi lain, banyak yang menyambut opininya tersebut sebagai langkah demi meningkatkan kepercayaan diri.

Alexander juga mengatakan melalui Facebook pribadinya kalau ia sering melihat wanita berjilbab mengalami ‘permusuhan publik’ di Austria. Maka dari itu ia berharap hal ini tidak terjadi lagi. Hijab memang telah menjadi topik perdebatan di Eropa sejak awal tahun ini.

Islam sendiri menjadi agama ketiga terbesar setelah Kristen Katolik dan Protestan di Austria. Meski demikian, presiden Austria ini tidak membiarkan penduduk muslimnya mengalami sikap diskriminasi hanya karena ingin setia dengan iman mereka. Salah satunya dengan penggunaan jilbab yang pada dasarnya menjadi hak masing-masing individu. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here