Sehat Bugar di Bulan Ramadhan dengan Air Nabidz, Air Minum Kegemaran Rasulullah

0
1382

JAKARTA (fokusislam) – Datangnya bulan Ramadhan bukan berarti membatasi kegiatan seorang muslim. Setiap muslim tetap dianjurkan untuk melaksanakan kegiatannya sebagaimana di bulan-bulan yang lainnya.

Hanya saja, terkadang melakukan kegiatan dalam kondisi berpuasa dirasa lebih berat dibanding ketika sedang tidak berpuasa. Nah, bagaimanakah supaya kondisi badan tetap fit ketika berpuasa?

Salah satunya adalah mengkonsumsi  air dan serat yang tepat pada saat bulan ramadhan. Tahukah kamu bahwa air nabeez adalah cairan yang tepat untuk kita. Air Nabeez bisa digunakan untuk menghilangkan kemungkinan terkena dehidrasi.

Seperti apa dan bagaimanakah khasiat air nabeez?. Yuk, kita simak bersama-sama tentang kebaikan yang terkandung dalam air nabeez.

Dikutip dari deerham.com, air nabeez (infused water kurma) ternyata air minum kegemaran Rasulullah. Nabeez merupakan  rendamam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) di dalam air matang dalam wadah bertutup selama 12 jam. Airnya diminum, sedangkan buah kurma yang sudah lembut ditelan sekali telan.

Dalam beberapa riwayat hadis, disebutkan tentang bagaimana membuat infused water dengan kurma (air nabeez), salah satunya riwayat dari Imam Muslim sebagai berikut :

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rosululloh di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.” (H.R. Muslim)

Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sudah melakukan hal ini dan meminum air Nabeez sejak belasan abad lalu, maka peradaban barat baru belakangan ini faham dan mempopulerkan ulang khasiat infuse water ini.

Manfaat Air Nabeez

Meminum air Nabeez (infused water) dari air rendaman kurma, memberikan 4 manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh kita:

  1. Memberikan dan memulihkanTenaga

Air nabeez adalah minuman beralkali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu badan untuk menyingkirkan toksin yang berbahaya didalam tubuh, dalam kata lain berguna sebagai detox. Pemulihan tenaga juga didapat / berasal dari khasiat kurma yang menjadi bahan dasar Air nabeez.

  1. Memiliki kandungan fiber yang tinggi

Air Nabeez menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit). Manfaat lain dari tingginya kandungan fiber yang dihasilkan infused water yakni mampu membantu proses pencernaan yang baik termasuk untuk membantu dan menunjang program diet Anda. Selain itu kelebihan kadar fiber yang tinggi dari air nabeez juga mampu meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa.

  1. Memberikan zat besi yang sangat bagus.

Manfaat zat besi yang utama yaitu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh. fungsi zat besi itu sendiri dalam tubuh kita yaitu membantu metabolisme protein, berperan dalam produksi hemoglobin dan sel darah merah. Manfaat zat besi lainnya yaitu meningkatkan daya tahanan  tubuh yang menjadikannya tangguh dalam melawan infeksi. Kalau infused water kurma ini salah satu minuman favorit Rasullulah, tidak heran kalau beliau sangat jarang sekali sakit.

  1. Kaya akan pottassium (Kalium)

Sangat bermanfaat dan penting dalam menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah. Potasium dimanfaatkan oleh sistem saraf otonom kita untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, dan proses fisiologi penting lain. Potasium juga terbukti membantu menurunkan tekanan darah, berperan dalam fungsi kejut saraf (sebuah respons otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot. Dan Anda harus tahu bahwa kekurangan kadar potasium dalam tubuh bisa mengakibatkan penurunan kekuatan, dan gampang merasa lelah saat baru mulai berolahraga.

Cara Membuat Air Nabeez ?

Bagaimana Air Nabeez (Infused Water dengan Kurma) dibuat ? Rendamlah beberapa butir kurma (sebagusnya dalam bilangan ganjil) ke dalam air masak didalam segelas air. Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat.

Keesokkan paginya (+ 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut ikut dimakan.

Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa atau dikenal dengan nama kurma nabi. Kalau tidak ada kurma ajwa,  bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.

Jika ingin membuat air nabeez dengan menggunakan buah kismis pun bisa dengan cara yang sama.

Air nabeez bila tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari.Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma / kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari, karena akan terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis / kurma tersebut menjadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum. (hisyam/azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here