Kisah seteguk air di saat berbuka

0
182

*Dr. Muhammad Arifin Badri, MA

Sobat! Setiap kali berbuka, air mineral atau yang sering disebut dengan air putih selalu terasa begitu istimewa bahkan paling menggoda hati anda.

Cleguk, cleguk, haaaah lega, rasa dahaga yang telah sekian jam seakan membakar kerongkongan anda, sekejap sirna.
لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ
Setiap orang yang berpuasa itu pastilah merasakan dua kegirangan: kegirangan di saat ia berbuka puasa, dan kegirangan di saat ia menghadap kepada Tuhan-nya. (Bukhari dan Muslim)

Akan tetapi setelah malam mulai larut, maka seteko apalagi hanya seteguk air mineral kembali menjadi hal yang biasa, bahkan kembali anda memandangnya dengan sebelah mata anda.

Ternyata, puasa mampu memaksa anda menyadari arti air minum. Kenikmatan yang sering anda lupakan, dan al hamdulillah dengan berpuasa anda kembali menyadarinya.

Sobat, coba anda renungkan sesaat, ternyata selama ini banyak kenikmatan yang belum mampu anda sadari kehadirannya. Andai anda mengalami kondisi serupa di saat berpuasa, tertahan dari menikmati hal hal tersebut, niscaya anda terpaksa menyadarinya.

Udara segar, mata sehat, denyut nadi yang terus berjalan tiada henti, pendengaran, lisan anda, dan masih banyak lagi, betapa sering anda lupakan kehadirannya sebagai nikmat dan karunia ilahi. Haruskah Allah Ta’ala menghalangi anda dari kenikmatan kenikmatan tersebut agar anda dapat menyadari kehadirannya?

Semoga ibadah puasa cukup sebagai teguran bagi anda agar segera bertobat dan menyadari segala kenikmatan yang telah Allah karuniakan kepada anda, jangan sampai anda terlambat menyadarinya. Anda terus hanyut dalam kelalain hingga semuanya hilang atau minimal sejenak Allah menahannya dari anda.

Ya Allah ampunilah dosa dosa hamba-Mu ini yang telah lalai dari sekian banyak kenikmatan yang telah Engkau karuniakan kepada hamba.

*) Dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i Jember, Jawa Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here