Menhan Amerika : Kami Tidak Menang dalam Perang di Afganistan

0
171
Jim Mattis
Jim Mattis

WASHINGTON (fokusislam) – Sebuah pengakuan disampaikan oleh  Menteri Pertahanan AS Jim Mattis pada Selasa (13/6/2017). Mattis menyebut bahwa Amerika Serikat masih “belum menang” dalam perang paling lama AS di Afghanistan.

“Kita tidak menang di Afghanistan saat ini,” kata Mattis di Washington dalam satu acara dengar pendapat di Kongres, “Dan kita akan memperbaiki ini sesegera mungkin.”

Istilah “memperbaiki” sendiri merupakan isyarat agar pemerintah AS mau menambah kekuatan militer di Afganistan, demikian dikutip dari Antara, Rabu (14/6/2017)

“Mungkin perlu kekuatan tambahan yang melakukan dan memelihara pelatihan dan kemampuan yang baik,” kata Mattis. “Ke depan akan ada era bentrokan kecil sering terjadi dan kita perlu perubahan dalam pendekatan.”

Mattis sendiri bukan pejabat senior pertama Pemerintah Presiden AS Donald Trump yang secara terbuka memperingatkan prospek suram bagi situasi keamanan di Afghanistan. Sebelumnya, Direktur Intelijen Nasional AS Dan Coats pada Mei juga memperingatkan bahwa situasi keamanan di Afghanistan sangat mungkin akan memburuk pada masa depan sekalipun Amerika Serikat dan sekutunya memberi bantuan militer tambahan.

Peringatan tersebut disampaikan saat Trump dilaporkan sedang mempertimbangkan apakah akan mengirim tambahan ratusan prajurit AS ke Afghanistan atau tidak. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here