Kebakaran di London, Muslim Yang Sedang Sahur Bantu Para Penghuni Apartemen

0
338
apartemen grenfell tower di london inggris terbakar
apartemen grenfell tower di london inggris terbakar

LONDON (fokusislam) – Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam kebakaran hebat di sebuah apartemen di London, Inggris, Rabu (14/6/2017). Selain itu, jumlah korban luka akibat kebakaran itu diketahui meningkat menjadi 50 orang.

Komisaris Pemadam Kebakaran London Dany Cotton mengatakan, kebakaran ini adalah kebakaran terbesar yang pernah terjadi di London dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Dia lalu membenarkan adanya sejumlah orang yang tewas dalam kebakaran tersebut.

“Dalam 29 tahun saya menjadi pemadam kebakaran, saya tidak pernah kebakaran dalam skala seperti ini,”  kata Cotton dalam sebuah pernyataan,yang dikutip dari Sindonews.

Meskipun  begitu, banyak pula yang berhasil diselamatkan. Salah satunya adalah berkat peran yang diemban oleh warga apartemen yang beragama Islam.

Pasalnya warga Muslim menjadi yang pertama melihat kobaran api yang melalap apartemen 27 lantai itu. Warga Muslim London yang terbangun saat sahur untuk berpuasa di bulan Ramadhan, telah membantu menyelamatkan nyawa penghuni apartemen Grenfell Tower di London, Inggris. Api diketahui muncul pada dini hari ketika banyak penghuni apartemen sedang terlelap tidur.

“Warga Muslim memainkan peran besar dalam mengajak banyak orang untuk keluar apartemen. Sebagian besar orang yang saya lihat adalah Muslim, mereka juga menyediakan makanan dan pakaian,” ujar warga setempat, Andre Barroso (33), kepada The Independent yang dikutip dari ROL.

Dia mengatakan, saat itu banyak orang yang mencari teman dan kerabat mereka yang masih tertinggal di dalam menara. Banyak orang telah menyumbangkan air, makanan dan pakaian ke gereja St Clement yang berada di dekat apartemen, yang digunakan sebagai tempat mengungsi.

Sejumlah orang lainnya terlihat sedang membagikan botol air ke orang-orang yang sedang menunggu di luar apartemen. “Semua orang mendapatkan bantuan. Sangat menyenangkan melihat semua orang berkumpul,” ungkapnya. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here