Ketua Majlis Dakwah Perhimpunan Al-Irsyad : Berdakwahlah Dengan Akhlak Mulia

0
252

JAKARTA (fokusislam) – Ketua Majlis Dakwah DPP Perhimpunan Al-Irsyad, Ustadz Dr Muhammad Arifin Badri menyebut bahwa Islam harus disampaikan dengan akhlak yang mulia. Menurutnya, mendakwahkan Islam melalui akhlaq yang mulia dan tutur kata yang lembut nan santun jauh lebih efektif dibanding dengan kekuatan atau kekerasan.

Bahkan meskipun telah disakiti dan dikhianati, maka Islam tetap harus disuguhkan dengan lemah lembut, diantaranya dengan memaafkan orang yang telah menyakiti dan mengkhianati.

“Inilah Islam dan demikianlah Islam sepatutnya diajarkan kepada masyarakat, jauh dari sikap anarkis atau tindakan emosional atau radikal. Sejarah dakwah Nabi telah membuktikan bahwa Islam yang murni sebagaimana yang beliau ajarkan terbukti sejuk dan efektif mewujudkan stabilitas keamanan suatu negeri,” katanya.

Ustadz Arifin Badri menyebut bahwa kondisi serupa juga terjadi dengan nenek moyang bangsa Indonesia yang sebelumnya beragamakan nonislam. Ketika Islam datang ke negeri ini, maka nenek moyang kita juga berbondong bondong masuk Islam tanpa ada paksaan apalagi  peperangan.

Lebih lanjut, ustadz Arifin Badri yang juga rektor STDI Imam Syafi’i Jember ini menyebut bahwa bila saat ini berbagai stabilitas berbagai negeri Islam tercabik oleh ulah segelintir umat Islam, maka dapat dipastikan bahwa ulah mereka jauh dari semangat dakwah Islam yang benar.

“Pertumpahan darah bukanlah tujuan, namun sekedar sarana untuk menjaga kehormatan agama Islam yang diusik atau terancam.  Kekerasan bukanlah sarana utama dalam penyebaran Islam, tetapi melalui  keluhuran akhlaq dan kebesaran jiwa para juru dakwahnya,” tutupnya. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here