Turki Berangkatkan Kapal Bermuatan “Hadiah Lebaran Gaza”

1
163

ISTANBUL (fokusislam) – Pemerintah Turki memberangkatkan armada kapal bermuatan bantuan kemanusiaan menuju Jalur Gaza. Armada diberangkatkan  hari Ahad (18/6/2017) dari pelabuhan Mersin di Turki selatan.

“Turki berharap bantuan kemanusiaan ini dapat menguatkan saudara kita rakyat Palestina yang sedang terzhalimi dan menyenangkan hati mereka di bulan Ramadhan, serta mengirimkan harapan bagi jiwa mereka,” kata Wakil Perdana Menteri Turki Veysi Kaynak.

Kaynak menegaskan bahwa bantuan kemanusiaan ini dipersiapkan atas instruksi langsung dari Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan, demikian seperti dikutip dari sahabatalaqsa, Ahad (18/6/2017)

 “Armada kapal bantuan dari Turki ini tidak hanya memuat bantuan kemanusiaan semata, tetapi membawa cinta dan dukungan rakyat Turki kepada rakyat Palestina,” tambah Kaynak.

Pengiriman bantuan ini merupakan bagian dari perjanjian normalisasi hubungan dengan ‘Israel’ yang ditandatangani pada 27 Juni tahun lalu. Dengan perjanjian itu, Turki bisa mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Kapal bantuan kemanusiaan dengan nama “Akwa Stela” itu bermuatan 50 ribu ton pakaian, 20 ribu lembar kertas tulis, 18 ribu mainan anak-anak, serta 50 ribu paket makanan. Selain itu, kapal tersebut juga mengangkut sepeda, lima ribu ton tepung, 100 ton biskuit, cokelat dan kue, baju lebaran, serta 100 kursi roda.

Untuk diketahui, pada tahun 2015 Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi menobatkan Turki sebagai negara paling dermawan di dunia dalam urusan bantuan kemanusiaan. (azman)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here