Tentang Pendiri Nahdhatul Ulama Yang Berjenggot, Bersurban dan Berjubah

0
452

JAKARTA (fokusislam) – Foto langka yang menggambarken pendiri organisasi Nahdhatul Ulama, KH Hasyim Asy’ari ditemukan beberapa hari lalu. Dalam foto tersebut, Mbah Hasyim terlihat menggunakan surban dan jubah.

Selain itu, Mbah Hasyim juga terlihat penuh kharisma dengan jenggot yang ia pelihara. Foto tersebut dikabarkan berasal dari arsip pribadi foto KH Amir Ilyas dari Pesantren Guluk-Guluk Madura, demikian seperti dikutip dari Republika, Selasa (4/7/2017).

Arsip tersebut ditemukan atau dibongkar oleh cucunya yang bernama KH Mubassyir Sa’di pada tanggal 2 Syawal 1438 H lalu (kemarin). Setelah itu, foto kemudian diupload melalui akun instagramnya.

“Dan di balik foto tersebut terdapat tulisan keterangan Hadratus Syeikh (riwayat dari Gus Fariz Sa’di melalui akun Face Book beliau),’’ kata Taufik alumni Pesantren Tebu Ireng tahun 1992 asal Surabaya.

Taufik mengatakan, bia mencermati foto itu maka tampaknya diambil di area sekitar Pesantren Tebu Ireng. Dan di situ terlihat aktivitas KH Hasyim Asy’ari  ketika berada di halaman pesantrennya.

“Wow, foto ini sangat langka. Foto ini akan mengubah stigma akan serban, jenggot, dan jubah yang selama ini telah menjadi pakaian keseharian para kyai kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa tahun belakangan ini ada stigma negatif tentang pakaian yang “islami” seperti jubah dan baju muslim lainnya. Pakaian “islami” ditambah dengan jenggot secara masif disimbolkan sebagai salah satu dari ciri-ciri teroris. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here