Menteri Agama Buka Muktamar PULDAPII, Ajak Umat Islam Wujudkan Hikmah Keragaman

0
104

SURABAYA (fokusislam) – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin membuka muktamar Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPII) ke-1 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya pada Sabtu (8/7/2017).

Dalam sambutannya, Lukman mengucapkan terima kasih kepada lembaga-lembaga yang tergabung ke dalam PULDAPII, karena turut merawat kehidupan keagamaan di tengah masyarakat yang majemuk.

“Terima kasih yang tidak terhingga kepada lembaga-lembaga yang telah merawat kehidupan keagamaan ditengah masyarakat Indonesia yang majemuk,” kata Lukman.

Lukman mengatakan, keragaman di internal umat Islam sangat besar sehingga dapat mewujudkan hikmah dari keragaman ini.

“Berharap kepada umat Islam dan PULDAPII untuk mewujudkan hikmah dari keragaman,” terang Lukman.

Menurut Lukman, keragaman yang ada jangan dibenturkan dan dikontradiksikan, sehingga akan terganggunya kehidupan.

“Kehidupan yang damai di NKRI merupakan prasyarat yang mutlak kita rawat agar nilai-nilai agama terimplementasi. Dan nilai-nilai agama dapat diejawantahkan dengan baik ketika sebuah wilayah aman,” papar Lukman.

Lukman kemudian mengenang konflik yang pernah terjadi di Ambon dan Poso yang terjadi beberapa tahun silam. Menurut Lukman, konflik tersebut sangat menyedihkan.

“Karena nilai-nilai kemanusiaan berada pada titik yang paling rendah. Padahal esensi agama adalah harkat dan martabat terlindungi,” terang Lukman.

Menghadapi perbedaan yang terjadi di masyarakat, Lukman menegaskan bahwa itu jangan sampai di dahap-hadapkan, tetapi didudukkan.

“Sesuatu yang ikhtilafi, biarkan masing-masing sesuai pandangannya dan pi8lihannya sesuai dengan yang diyakini,” tegas Lukman.

Di akhir sambutannya, Lukman memberikan arahan agar ceramah agama yang disampaikan di masjid-masjid dilakukan dengan produktif dan penuh inspirasi.

“Agar kita umat beragama memberikan nilai manfaat sesama kita,” tandas Lukman. (ibn/azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here